HUBUNGAN ANTARA REGULASI EMOSI DENGAN FEAR OF MISSING OUT PADA GENERASI Z
THE RELATIONSHIP BETWEEN EMOTION REGULATION AND FEAR OF MISSING OUT IN GENERATION Z
Teknologi sosial seperti sosial media dan aplikasi berita berkaitan dengan adanya fenomena Fear of Missing Out (FoMO) pada kalangan anak muda. Regulasi emosi yang efektif dapat membantu orang dengan perilaku FoMO dalam mengelola perasaan yang muncul ketika mereka khawatir tidak mengikuti perilaku atau informasi yang dapat diterima secara sosial. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah ada hubungan antara regulasi emosi dengan fear of missing out pada Generasi Z. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel yang dipakai selama proses penelitian adalah accidental sampling. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah Generasi Z di Mojokerto. Berdasarkan dari hasil analisis data, penelitian ini menunjukkan koefisien korelasi sebesar -0,495 dengan tingkat signifikansi (p) yang dihitung sebesar 0,000 lebih kecil dari nilai signifikan (p) tabel 0,05 (p<0,05) ditemukan setelah dilakukan uji korelasi Pearson's product moment. Kesimpulan yang dapat diberikan dari penelitian ini adalah bahwa terdapat hubungan antara fear of missing out pada Generasi Z dengan regulasi emosi.
Social technologies such as social media and news apps are related to the phenomenon of Fear of Missing Out (FoMO) among young people. Effective emotion regulation can help people with FoMO behavior manage feelings that arise when they are worried about not following socially acceptable behavior or information. The purpose of this study is to determine whether there is a relationship between emotion regulation and fear of missing out in Generation Z. The type of research used is quantitative research with the sampling technique used during the research process is accidental sampling. The population used in this study is Generation Z in Mojokerto. Based on the results of data analysis, this study shows a correlation coefficient of -0.495 with a calculated significance level (p) of 0.000 smaller than the significant value (p) table of 0.05 (p<0.05) found after the Pearson's product moment correlation test. The conclusion that can be given from this study is that there is a relationship between the fear of missing out in Generation Z with emotional regulation.