ABSTRAK
Purwanto Adi . 201 9 . Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Media Powerpoint Terhadap Aktivitas d an Hasil Belajar I PS Siswa Kelas V S DN Puter I I Kembangbahu-Lamongan . Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar.
Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing (I) Prof. Dr. Mustaji, M.Pd dan Pembimbing (II) Dr. Ketut Prasetyo, M.S
Kata
Kunci: Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Make
A Match , Aktivitas belajar, Hasil Belajar .
Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Make A Match
terhadap aktivitas dan hasil belajar dalam mata pelajaran IPS bagi siswa kelas V SDN Puter II
Kembangbahu-Lamongan .
Jenis penelitian yang
digunakan adalah Quasi Experimental Design. Desain yang digunakan pada penelitian ini
adalah desain Nonequivalent Control Group
Design . Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi
aktivitas dan soal hasil belajar siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas V
SDN Puter II Kembangbahu-Lamongan . Teknik analisis data menggunakan uji t-Test diketahui bahwa thitung untuk
data aktivitas belajar siswa (kelas kontrol dan kelas eksperimen) sebesar 8,108
(df 19) dan Sig. (2-tailed ) sebesar 0,000. Dari hasil
tersebut menunjukkan thitung 8,108 (df 19) > ttabel
2,093 (df 19) d engan
nilai Sig nifikansi 0,000
< 0,05 . Hal ini berarti ada pengaruh
model pembelajaran Make A Match terhadap aktivitas siswa.Sedangkan untuk pengujian
hipotesis kedua, diketahui bahwa Berdasarkan hasil uji t, menunjukkan bahwa
nilai (kelas kontrol dan kelas eksperimen)
sebesar 2,912 (df 19) dan Sig. (2-tailed )
sebesar 0,009. Dari hasil tersebut menunjukkan thitung 2,912 (df 19)
> ttabel 2,093 (df 19) dan nilai Sig. (2-tailed ) 0,009 < 0,05 Dengan demikian terbukti bahwa Model Pembelajaran Make
A Match berbantuan
Powerpoint berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS .
Berdasarkan hasil analisis data, dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel bebas model
pembelajaran Make A Match terhadap variabel terikat yaitu aktivitas dan hasil belajar
dalam mata pelajaran IPS
bagi siswa kelas V SDN Puter II Kembangbahu-Lamongan .