Analysis of Reading Literavy Ability in Terms of Finding Intrinsic Elements of Fabel Gajah yang Baik Hati in 3rd Grade Students at Primary School
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan literasi membaca siswa dalam menemukan unsur intrinsic fabel “Gajah yang Baik Hati” di kelas III SDN 153 Gresik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif kualitatif. Populasi penelitian terdiri dari semua peserta didik kelas III SDN 153 Gresik, berjumlah 22 siswa. Teknik pengambilan sampel yang diterapkan adalah sampel jenuh. Data keterampilan literasi membaca peserta didik diperoleh melalui tes menggunakan lembar tes evaluasi keterampilan literasi membaca, angket, dan wawancara kepada guru. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata keterampilan literasi membaca siswa tergolong tinggi dengan presentase 81,66%. Ketika dirinci dalam setiap aspek literasi membaca, keterampilan literasi membaca peserta didik dalam aspek tujuan membaca mencapai 80,21% dengan kategori baik, sementara keterampilan literasi membaca dalam aspek proses pemahaman mencapai 85,5% dengan kategori sangat baik.
Kata Kunci: kemampuan literasi, literasi membaca, fabel, unsur intrinsik
This research aims to analyze students reading literacy skills in finding the intrinsic elements of the fable "Gajah yang Baik Hati" in 3rd grade at SDN 153 Gresik. This research uses descriptive quantitative and qualitative research. The research population consisted of all class III students at SDN 153 Gresik, by 22 students. The sampling technique applied was a saturated sample. Data on students' reading literacy skills was obtained through tests using reading literacy skills evaluation test sheets, questionnaires, and interviews with teachers. Data analysis techniques use descriptive quantitative analysis and qualitative data analysis. The research results show that the average reading literacy skills of students is relatively high with a percentage of 81.66%. While detailed in each aspect of reading literacy, students' reading literacy skills in the reading goal aspect reached 80,21% in the medium category, while reading literacy skills in the comprehension process aspect reached 85.5% in the high category.
Keywords: literacy skills, reading literacy, fables, intrinsic elements