Modul adalah bahan ajar yang disajikan secara terstruktur sehingga pembaca dapat dengan mudah memahami materi tanpa bantuan orang lain atau pengajar. Sebagai bahan ajar yang dapat dipelajari dengan mandiri, modul diharapkan dapat membantu peserta didik lebih mandiri dan aktif dalam pembuatan busana rumah tanpa bertanya dengan guru. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui kelayakan modul busana rumah untuk peserta didik kelas XI Tata Busana 3 di SMKN 2 Boyolangu Tulungagung, 2) mengetahui hasil belajar ranah psikomotor setelah diterapkan modul. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development atau R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Subyek penelitian yang dituju adalah peserta didik kelas X1 Tata Busana 3 SMKN 2 Boyolangu dengan jumlah peserta didik 35. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar instrumen angket kelayakan modul dan lembar penilaian psikomotor. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif.Hasil penelitian menyatakan bahwa, 1) kelayakan modul mencapai skor rerata 4.01 dengan kategori sangat layak, 2) hasil belajar peserta didik dengan penerapan modul mencapai ketuntasan klasikal sebesar 89% dengan kategori baik.
Modules are teaching materials that are presented in a structured way so that readers can easily understand the material without the help of others or teachers. As teaching material that can be studied independently, the module is expected to help students be more independent and active in making home clothing without asking the teacher. This study aims to: 1) determine the feasibility of home fashion modules for students of Class XI Dress Design 3 at SMKN 2 Boyolangu Tulungagung, 2) determine the learning outcomes of the psychomotor domain after applying the module. This research is a development research (Research and Development or R&D) with the ADDIE development model. The subject of the research is the students of class X1 Clothing Design 3 SMK 2 Boyolangu with the number of students 35. Data collection methods used were questionnaires and tests. Data collection instruments used were the module questionnaire eligibility instrument sheet and psychomotor assessment sheet. This research uses descriptive data analysis techniques.The results of the study stated that, 1) the feasibility of the module reached an average score of 4.01 in the very feasible category, 2) the learning outcomes of students with the application of the module reached a classical completeness of 89% with a good category.