LAGU IBU KITA KARTINI VERSI KERONCONG OLEH SRUTI RESPATI DALAM KONTEKS ANALISIS TEKNIK VOKAL DAN ORNAMENTASI
Sruti Respati merupakan sosok fenomenal dalam memyanyi keroncong yang terkenal di indonesia. Sruti Respati adalah seorang penyanyi yang multitalent, dia dapat memainkan genre jazz, keroncong maupun traditional Jawa. Penelitian ini fokus pada analisis teknik vokal dan ornamentasi yang digunakan oleh Sruti Respati pada Lagu Ibu Kita Kartini Versi Keroncong.penelitian ini menggunkakan metode kualitatif deskriptif. Data diperolah melalui observasi langsung dengan wawancara mendalam serta dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, penyajian data, pengambilan kesimpulan
Teknik vokal Sruti Respati dalam membawakan lagu Ibu Kita Kartini versi keroncong meliputi; legato, Artikulasi, prhasering. Dalam menerapkan teknik tersebut menghasilkan Ornamentasi yakni; cengkok, gregel, luk, embat, nggandul/(aksen tidak sesuai dengan ritme). Legato Sruti Respati dalam membawakan lagu tersebut pada birama 7 terdapat penggunaan legato pada nada C dengan nilai ketukan ½ dan nada C selanjutnya dengan nilai ketukan yang sama. Artikulasi Sruti Respati dalam membawakan lagu tersebut juga menggunakan beberapa penekanan di beberapa huruf pada setiap lirik yang dinyanyikan seperti pada huruf “R” di kata “Kartini”. Phrasering Sruti dalam membawakan lagu tersebut menggunakan sebuah pemengalan pada awal, pertengahan dan akhir. Ornamentasi yang digunakan Sruti Respati adalah Cengkok, Gregel, Luk, Embat dan Nggandul. Cengkok yang Sruti Respati dapat dilihat pada bait sebelum modulasi adalah pada kalimat “Indonesia”, “Kartini”. Kemudian Gregel yang Sruti Respati gunakan pada banyak diggunakan pada awalan dan akhiran Pada Birama ke 7 di bagian lirik “Ja” gregel bergerak dengan cepat dari ketukan awal atau hitungan awal. Dan yang terakhir Nggandul nampak jelas di bidikan nada pertama birama satu yaitu mundur setengah ketukan dan pada lirik “Kar tini”.
Sruti Respati is a phenomenal figure in singing the famous keroncong in Indonesia. Sruti Respati is a multitalented singer, she can play jazz, keroncong and traditional Javanese genres. This study focuses on the analysis of vocal techniques and ornamentation used by Sruti Respati in the Keroncong version of the song Ibu Kita Kartini. This research uses descriptive qualitative methods. Data were obtained through direct observation with in-depth interviews and documentation.
Data analysis techniques in this study include data collection, data presentation, drawing conclusions Sruti Respati's vocal technique in performing the keroncong version of the song Ibu Kita Kartini includes; legato, Articulation, prhasering. In applying this technique produces ornamentation namely; crooked, gregel, luk, embat, gandul/(accent doesn't match the rhythm). Legato Sruti Respati in performing the song in measure 7, there is the use of legato in the C note with a ½ beat value and the next C note with the same beat value. Sruti Respati's articulation in performing the song also uses some emphasis on several letters in each of the lyrics sung, such as the letter "R" in the word "Kartini". Sruti's phrasing in performing the song uses a break at the beginning, middle and end. The ornaments used by Sruti Respati are Cengkok, Gregel, Luk, Embat and Nggandul. The crookedness that Sruti Respati can see in the stanza before the modulation is in the sentences "Indonesia", "Kartini". Then Gregel, which Sruti Respati uses, is widely used in prefixes and suffixes. On the 7th measure in the lyrics section "Ja" gregel moves quickly from the first stroke or count. And finally, Nggandul can be seen clearly in the shot of the initial tone of the first measure, which is half a beat backwards and in the lyrics of "Kartini".