COURSE REVIEW HOORAY DALAM PEMBELAJARAN BERBICARA BAHASA JERMAN SISWA AUTISME SMAN 1 GEDANGAN
COURSE REVIEW HOORAY IN SPEAKING LEARNING TO GERMAN LANGUANGE FOR STUDENTS WITH AUTISM SMAN 1 GEDANGAN
ABSTRAK
Nama Mahasiswa : Rosalia Ayu Masyita
NIM : 16020094021
Prodi/Jurusan : S1 Pendidikan Bahasa Jerman
Fakultas : Fakultas Bahasa dan Seni
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dwi Imroatu Julaikah, S. Pd, M. Pd.
Tahun : 2020
Kata kunci : Model pembelajaran Course Review Hooray, Peserta didik Autisme, keterampilan berbicara.
Pada tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA), pembelajaran bahasa Jerman diberikan kepada jurusan Bahasa, IPA maupun IPS. Pemberian mata pelajaran bahasa Jerman tidak hanya dikhususkan pada siswa normal namun diberikan pula pada siswa berkebutuhan khusus. Menurut data riset dari Virginia Univesity, di Amerika Serikat, anak Autisme memiliki tingkat berfikir dibawah retardasi mental sebanyak 75-80% dari anak normal, oleh karena itu diperlukan adanya model pembelajaran yang menarik dan menyenangkan untuk menarik minat belajar siswa Autisme. Maka dipilihlah Course Review Hooray sebagai model pembelajaran bagi anak Autisme. Kelebihan yang dimiliki Course Review Hooray adalah langkah pembelajaran yang menyenangkan dan siswa dapat belajar sambil bermain. Pada akhirnya peserta didik Autisme dapat lebih menguasai kemampuan berbahasa Jerman . Rumusan masalah yang dikaji dalam artikel ini adalah bagaimana proses belajar mengajar bahasa Jerman dalam keterampilan berbicara untuk peserta didik autism kelas X IPS SMAN 1 Gedangan menggunakan Course Review Hooray sebagai model pembelajaran. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran bahasa Jerman dalam keterampilan berbicara untuk peserta didik Autisme di SMAN 1 Gedangan menggunakan Course Review Hooray sebagai model pembelajaran. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskripstif. Instrumen yang digunakan yaitu hasil lembar kegiatan Proses Belajar Mengajar (PBM). Hasil dari studi kasus yaitu diperoleh bahwa pada proses belajar mengajar bahasa Jerman dengan keterampilan berbicara untuk peserta didik Autisme kelas X IPS di SMAN 1 Gedangan menggunakan Course Review Hooray telah berjalan dengan lancar.
Abstract
German language is learned in senior high school, especially for students in majoring languages, natural sciences, and social sciences. German language is learned not only by normal learners but also by learners with special needs. Research data from Virginia University in the USA shows that 75-80% of autistic children's thinking level is lower than normal children. Therefore, an autistic learner needs an interesting and enjoyable learning model to enhance their learning interest. According to this, Course Review Hooray is chosen as a learning model for autistic learner. The advantage of this learning model is a pleasant model because the students can learn while playing games. Thus, the autistic learner can be better in mastering their German language skill. The problem in this article is how the teaching-learning process of German language in speaking skill for autistic learner’s class X IPS SMAN 1 Gedangan using Course Review Hooray as a learning model. The goal in this article is to know teaching and learning process of German language in speaking skills for autistic learners at SMAN 1 Gedangan Sidoarjo using Course Review Hooray as a learning model. This article uses descriptive qualitative approach. The instrument in this article is using activity sheet for the teaching and learning process. The result of this study is obtained that teaching and learning process of German language in speaking skill for autistic learner X IPS in SMAN 1 Gedangan using Hooray Course Review has run smoothly.
Keywords : Course Review Hooray learning model, autism students, language skill.