THE EFFECT OF PHYSICAL ACTIVITY ON CHILDREN'S MOTOR SKILLS AND PHYSICAL FITNESS
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aktivitas fisik terhadap keterampilan motorik dan kebugaran jasmani siswa. Jenis penelitian ini adalah ex post facto. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas atas SDN Sukowidi yang berjumlah 45 siswa, terdiri dari 21 siswa perempuan dan 24 siswa laki-laki. Instrumen kegiatan fisik memakai kuesioner Physical Activity Questionnaire for Older Children (PAQ-C), untuk kebugaran jasmani menggunakan tes TKJI usia 10-12. Sementara untuk mengetahui keterampilan motoric menggunakan tes Motor Ability. Analisis data menggunakan regresi sederhana. Hasil penelitian pada variabel aktivitas fisik dan keterampilan motoric menunjukkan nilai sig 0,028 < 0.05 yang berarti terdapat hubungan positif antara aktivitas fisik terhadap keterampilan motorik siswa. Sementara pada variabel aktivitas fisik dan kebugaran jasmani diperoleh nilai sig 0,034 < 0.05 yang berarti menjelaskan terdapat hubungan positif antara aktivitas fisik terhadap kebugaran jasmani siswa. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh aktifitas fisik terhadap keterampilan motorik dan kebugaran jasmani siswa.
This study aims to determine the effect of physical activity on motor skills and physical fitness of students. This type of research is ex post facto. The sample of this study was upper grade students of SDN Sukowidi totaling 45 students, consisting of 21 female students and 24 male students. The physical activity instrument used the Physical Activity Questionnaire for Older Children (PAQ-C) questionnaire, for physical fitness using the TKJI test aged 10-12 years. Meanwhile, to determine motor skills using the Motor Ability test. Data analysis using simple regression. The results of the study on the variables of physical activity and motor ability showed a sig value of 0.028 <0.05, which means there is a positive relationship between physical activity and students' motor abilities. Meanwhile, the variable of physical activity and physical fitness showed a sig value of 0.034 <0.05, which means there is a positive relationship between physical activity and students' physical fitness. The results showed that there is an effect of physical activity on students' motor abilities and physical fitness.