Pengembangan Suplemen Buku Ajar Ekologi Berbasis Kearifan Lokal.
Development of Ecology Textbook Supplements Based on Local Wisdom.
Lestari, Alif Putra. 2020. Pengembangan Suplemen Buku Ajar Ekologi Berbasis Kearifan Lokal. Tesis, Program Studi Pendidikan Geografi, Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (I) Dr. Sri Murtini, M.Si., dan (II) Dr. Bambang Sigit Widodo, M.Pd.
Kata-kata Kunci: Suplemen buku ajar, kearifan lokal, Ruwat Petirtaan Jolotundo, pelestarian lingkungan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suplemen buku ajar ekologi berbasis kearifan lokal pada mahasiswa S1 Pendidikan Geografi Unesa.
Penelitian pengembangan ini menggunakan model Dick & Carey sebagai landasan, dan dilaksanakan sampai tahap ke-9 yaitu revisi pembelajaran. Subjek penelitian adalah mahasiswa S1 Geografi Unesa yang sedang memprogram mata kuliah ekologi. Penelitian dilaksanakan di jurusan geografi kampus ketintang pada 26 November 2019 dan 5 Desember 2019. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket, observasi, tes dan dokumentasi dengan instrumen pengumpulan data yaitu angket validasi, angket respon, lembar observasi, dan lembar tes. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis lembar uji kelayakan, analisis angket respon mahasiswa, analisis lembar observasi, analisis keefektifan suplemen buku ajar, dan analisis hasil belajar.
Hasil uji coba di lapangan didapatkan beberapa simpulan yaitu; (1) suplemen buku ajar dinyatakan layak dengan sekor 82,6%, (2) respon mahasiswa terhadap suplemen buku a ajar sebesar 83,45% yang berarti sangat baik, (3) skor aktivitas mahasiswa sebesar 89,29% yang berarti pembelajaran menggunakan suplemen buku ajar sangat menarik, (4) penggunaan suplemen buku ajar pada kelas eksperimen kurang efekif, dan metode ceramah dan tanya jawab pada kelas kontrol tidak efektif. Sementara itu terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Lestari, Alif Putra. 2020. Development of Ecology Textbook Supplements Based on Local Wisdom. Thesis, Geography Education Study Program, Surabaya State University Postgraduate Program. Supervisor: (I) Dr. Sri Murtini, M.Si., and (II) Dr. Bambang Sigit Widodo, M.Pd.
Keywords: Supplement textbooks, local wisdom, Ruwat Petirtaan Jolotundo, environmental preservation.
This study aims to develop ecology textbook supplements based on local wisdom in Unesa Geography Education students.
This development research uses the Dick & Carey model as a foundation, and is carried out until the 9th stage, namely the revision of learning. The subject of the research was the students of Unesa Geography who were studying ecology courses. The study was conducted in the department of geography at ketintang campus on November 26, 2019 and December 5, 2019. Data collection techniques used questionnaires, observations, tests and documentation with data collection instruments namely validation questionnaires, response questionnaires, observation sheets, and test sheets.
The results of trials in the field obtained several conclusions, namely; (1) textbook supplements declared appropriate with a score of 82.6%, (2) students' responses to textbook supplements amounted to 83.45% which means very good, (3) student activity score of 89.29% which means learning uses textbook supplements are very interesting, (4) the use of textbook supplements in the experimental class is less effective, and the lecture and question and answer methods in the control class are not effective. Meanwhile there are significant differences in the learning outcomes of the experimental class and the control class.