Romance de Amour termasuk karya yang populer di kalangan gitaris klasik. Lagu ini telah dimainkan gitaris ternama, antara lain David Russel dan Julian Bream. Tidak semua gitaris klasik mampu memainkan lagu tersebut dengan baik, hal ini disebabkan banyak teknik yang harus dikuasai untuk memainkan lagu ini, diantaranya teknik melodi yang seharusnya terdengar lebih dominan, teknik perpindaham akord yang membutuhkan kecepatan, dan power yang kuat dalam menghasilkan nada yang baik. Seorang gitaris yang kurang dalam skill dan pengetahuan teknik memainkan Romance de Amour, akan mengalami kesulitan dalam memainkan lagu tersebut di bagian-bagian tertentu. Berdasarkan kajian karya Romance de Amour tersebut, sangat diperlukan pemahaman mengenai teknik permainan gitar untuk para gitaris klasik. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penerapan analisis teknik pada lagu Romace de Amour agar melodi utama terdengar lebih dominan. (2) Untuk mengetahui penanggulangan perpindahan akord agar tidak mengurangi notasi yang ada. . Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di kota Surabaya, Jawa Timur, dengan objek penelitian lagu Romance de Amour. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi partisipatif, teknik analisis data yang digunakan antara lain reduksi data, penyajian data teks yang naratif, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat diketahui bahwa bahwa lagu Romance de Amour memliki tiga bagian yaitu A-B-C, dengan dengan 4 tema pokok, yaitu tema I, tema II, tema III dan ,tema IV, serta beberapa pengulangan untuk memasuki tangga nada baru. Tema yang terdapat dalam lagu ini merupakan bagian-bagian dari pengembangan motif. Motif-motif tersebut dapat digunakan untuk menunjang teknik permainan yang dianggap sulit untuk dapat meminkan lagu Romance de Amour. Selain posisi penjarian yang sulit, terdapat teknik lain yang sulit dalam lagu Romance de Amour, seperti: (1) speed/kecepatan, merupakan salah bagian yang penting, terutama pada bagian A dalam karya tersebut dimainkan dengan tempo allegro moderato dan banyaknya nada triol muncul diawal lagu hingga akhir lagu. (2) power/kekuatan, untuk dapat memainkannya seseorang harus memperhatikan ketepatan tangan kiri agar sentuhan ringan yang dilakukan tangan kanan dapat menghasilkan suara yang baik dan jelas dengan power yang maksimal dan perlu diperhatikan karena gitar klasik tidak menggunakan pengeras suara. (3) tone colour/warna suara, juga perlu diperhatikan agar pembagian suara lebih jelas, sehingga karya tersebut dapat disampaikan dengan baik sesuai notasi/petunjuknya.
Romance de Amour, including works that are popular among classical guitarists. This song has been played by famous guitarists, including David Russel and Julian Bream. Not all classical guitarists are able to play the song well, this is due to the many techniques that must be mastered to play this song, including melodic techniques that should sound more dominant, chords that require speed, and strong power to produce good notes. A guitarist who lacks skills and technical knowledge to play Romance de Amour, will have difficulty in playing the song in certain parts. Based on the study of Romance de Amour's work, an understanding of guitar playing techniques is needed for classical guitarists. The purpose of this study is (1) To find out the application of technical analysis to the song Romace de Amour so that the main melody sounds more dominant. (2) To determine the handling of chord movements so as not to reduce the existing notation. . The method used in this research is descriptive qualitative research. Research location in the city of Surabaya, East Java, with the research object song Romance de Amour. Data collection techniques used are participatory observation, data analysis techniques used include data reduction, narrative text data presentation, and drawing conclusions and verification.
Based on the results of this study, it can be seen that the Romance de Amour song has three parts, namely A-B-C, with 4 main themes, namely theme I, theme II, theme III and, theme IV, as well as several repetitions to enter new scales. The themes contained in this song are parts of developing motifs. These motifs can be used to support game techniques that are considered difficult to be able to play Romance de Amour. In addition to difficult fingering positions, there are other difficult techniques in the Romance de Amour song, such as: (1) speed, is an important part, especially in part A the work is played with allegro moderato tempo and the number of triol tones appear at the beginning song until the end of the song. (2) power / strength, to be able to play it one must pay attention to the accuracy of the left hand so that the light touch made by the right hand can produce good and clear sound with maximum power and needs to be considered because classical guitars do not use loudspeakers. (3) tone color / sound color, also need to be considered so that the division of sound is clearer, so that the work can be delivered properly according to the notation / instructions.