ABSTRAK
PENGEMBANGAN BUKU AJAR SISWA BERBASIS DISCOVERY LEARNING MATA PELAJARAN
OTOMATISASI TATA KELOLA HUMAS DAN KEPROTOKOLAN SEMESTER 2 KELAS XI OTOMATISASI
TATA KELOLA PERKANTORAN DI SMK NEGERI 2 TUBAN
Nama :
Muhammad Fahmi Al Habib
NIM :
15080314072
Program Studi :
S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Jurusan :
Pendidikan Ekonomi
Fakultas :
Ekonomi
Lembaga :
Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing :
Siti Sri Wulandari, S.Pd., M.Pd
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar yang berupa buku
ajar siswa berbasis discovery learning pada
mata pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Humas dan Keprotokolan kelas XI
Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 2 Tuban. Tujuan dari penelitian pengembangan ini untuk menganalisis proses
pengembangan buku ajar siswa berbasis discovery
learning , menganalisis hasil kelayakan buku ajar siswa berbasis discovery learning , dan menganalisis respon peserta didik
terhadap buku ajar siswa berbasis discovery
learning . Penelitian ini adalah
penelitian yang menggunakan model pengembangan 4-D, yang terdiri dari pendefinisian
(define ), perancangan (design ), pengembangan (develop ), dan penyebaran
(disseminate ). Subjek penelitian ini
yaitu 20 peserta didik kelas XI Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran 1 di SMK
Negeri 2 Tuban serta objek dari penelitian ini yaitu Pengembangan Buku Ajar
Siswa Berbasis Discovery Learning Mata
Pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Humas dan Keprotokolan Semester 2 Kelas XI.
Hasil validasi dari para ahli terhadap buku ajar siswa yang dikembangkan
menunjukkan nilai presentase dari ahli materi sebesar 82,6% dengan kategori
sangat kuat, validasi dari ahli bahasa memperoleh nilai presentase sebesar 94%
dengan kategori sangat kuat, validasi dari ahli grafik memperoleh nilai
presentase sebesar 85,3% dengan kategori sangat kuat. Total keseluruhan hasi
dari validasi para ahli yaitu 87,3% dengan kategori sangat kuat. Berdasarkan
hasil uji coba terbatas buku ajar terhadap peserta didik diperoleh presentase
sebesar 82,4% dengan kategori sangat kuat. Jadi dapat disimpulkan jika Buku
Ajar Siswa Berbasis Discovery Learning Mata
Pelajaran Otomatisasi Tata Kelola Humas dan Keprotokolan Semester 2 Kelas XI
Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 2 Tuban yang telah
dikembangkan oleh peneliti dapat dinyatakan layak untuk digunakan sebagai bahan
ajar dalam pembelajaran.
Kata Kunci: Pengembangan,
Buku Ajar, Discovery Learning ,
Otomatisasi Tata Kelola Humas dan Keprotokolan.