Implementasi Program Jaminan Sosial Melalui Aplikasi BPJSTKU Mobile Pada BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Surabaya Darmo
Implementation Of The Social Security Program Through The BPJSTKU Mobile Application At Employess Social Security System Branch Office Surabaya Darmo
Aplikasi BPJSTKU Mobile merupakan salah satu jenis pelayananan yang diselenggarakan oleh BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Surabaya Darmo. Aplikasi ini dihadirkan guna menjawab berbagai keluhan yang dialami oleh peserta. Keluhan tersebut berupa antrian panjang dalam proses pelayanan dan lamanya proses pembuatan kartu kepsesertaan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang digunakan untuk memperoleh gambaran mengenai penyediaan pelayanan jaminan sosial ketenagakerjaan melalui aplikasi BPJSTKU Mobile. Teori yang digunakan menurut Lijan Poltak Sinambela, asas pelayanan publik yang terdiri dari : Transparansi, aplikasi BPJSTKU Mobile merupakan wujud keterbukaan data dalam bentuk pelaporan keuangan, peserta dapat mengecek jumlah saldo yang dimiliki hingga mengkalkulasikan dana yang akan diterima pada akhir masa kerja. Akuntabilitas, aplikasi BPJSTKU Mobile ini didasarkan pada Peraturan Direksi BPJS ketenagakerjaan dan dalam kinerjanya pihak BPJS Ketenagakerjaan kantor cabang Surabaya Darmo akan bertanggung jawab ke kantor pusat, kemudian pusat akan bertanggung jawab langsung kepada presiden. Kondisional, pihak BPJS Ketenagakerjaan kantor cabang Surabaya Darmo telah memiliki fasilitas layanan yang sama dengan kantor cabang lainnya, mulai dari format alur layanan hingga akses difabel bagi peserta. Partisipatif, pihak BPJS Ketenagakerjaan kantor cabang Surabaya Darmo telah melibatkan aspirasi masyarakat dalam bentuk penyampaian kritik ataupun saran yang dapat dilakukan langsung melalui aplikasi tersebut, website, media sosial, komentar pada Google Playstore maupun kotak saran. Kesamaan hak, BPJS Ketenagakerjaan kantor cabang Surabaya Darmo tidak membeda-bedakan dalam melayani peserta, calon peserta, pekerja biasa maupun pekerja difabel. Keseimbangan hak dan kewajiban, pihak BPJS Ketenagakerjaan kantor cabang Surabaya Darmo maupun peserta telah memenuhi hak dan kewajiban masing-masing yaitu pihak BPJS Ketenagakerjaan memiliki hak dan kewajiban untuk melayani peserta dengan tetap mengacu pada Undang-Undang No. 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial sedangkan peserta berhak mendapatkan pelayanan yang sama serta berkewajiban untuk mentaati semua peraturan yang di selenggarakan oleh pihak BPJS Ketenagakerjaan kantor cabang Surabaya Darmo.
Kata Kunci: Pelayanan Jaminan Sosial, Asas Pelayanan Publik, BPJSTKU Mobile.
The BPJSTKU Mobile application is one of the types of services organized by the Employess Social Security System branch office Surabaya Darmo. This application was presented to answer various complaints experienced by participants. The complaint is in the form of a long queue in the service process and the length of the membership card making process. This study uses a qualitative descriptive method used to obtain an overview of the provision of employment social security services through the BPJSTKU Mobile application. The theory used according to Lijan Poltak Sinambela, the principle of public services consisting of: Transparency, BPJSTKU Mobile application is a form of data disclosure in the form of financial reporting, participants can check the amount of balance they have to calculate the funds to be received at the end of the work period. Accountability, the BPJSTKU Mobile application is based on the Employess Social Security System of Directors' Regulations and in its performance the Employess Social Security System branch office Surabaya Darmo will be responsible to the head office, then the center will report directly to the president. Conditionally, the Employess Social Security System branch office Surabaya Darmo already has the same service facilities as the other branch offices, ranging from service flow formats to disabled access for participants. Participatory, the Employess Social Security System branch office Surabaya Darmo has involved the aspirations of the community in the form of delivering criticisms or suggestions that can be done directly through the application, website, social media, comments on the Google Playstore or suggestion box. Equality in rights, the Employess Social Security System branch office Surabaya Darmo does not discriminate in serving participants, prospective participants, ordinary workers or disabled workers.
Balance of rights and obligations, the Employess Social Security System branch office Surabaya Damo
and participants have fulfilled their respective rights and obligations, namely the the Employess Social Security System has the right and obligation to serve participants while still referring to Law No. 24 of 2011 concerning the Implementing Agency of Social Security while participants are entitled to get the same service and are obliged to obey all regulations implemented by the the Employess Social Security System branch office Surabaya Darmo.
Keywords : Social Security Services, Principle of Public Service, BPJSTKU Mobile.