PROFILE OF RELATIONAL THINKING OF HIGH SCHOOL STUDENTS IN SOLVING SPLTV PROBLEMS REVIEWING FROM SELF-EFFICACY
Aktivitas mental seseorang di mana ia harus dapat mengaitkan pengetahuan yang dimilikinya dengan informasi baru yang diberikan untuk menyelesaikan suatu masalah matematika disebut sebagai berpikir relasional yang dapat dipengaruhi oleh keyakinan diri seseorang (self-efficacy). Mendeskripsikan profil berpikir relasional siswa SMA dalam menyelesaikan masalah SPLTV ditinjau dari self-efficacy merupakan tujuan penelitian ini, serta masing-masing satu siswa self-efficacy tinggi dan self-efficacy rendah sebagai subjek penelitian. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, serta instrumen penelitiannya yaitu angket self-efficacy, tes penyelesaian masalah SPLTV, dan pedoman wawancara. Pada penelitian ini digunakan metode analisis data berdasarkan indikator berpikir relasional dalam menyelesaikan masalah SPLTV serta melalui empat tahapan penyelesaian masalah menurut Polya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memiliki self-efficacy tinggi telah memenuhi semua indikator berpikir relasional dalam menyelesaikan masalah SPLTV pada tahap memahami masalah, membuat rencana penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian, dan memeriksa kembali penyelesaian. Sedangkan siswa yang memiliki self-efficacy rendah hanya dapat memenuhi indikator berpikir relasional pada tahap memahami masalah, membuat rencana penyelesaian, dan menyelesaikan rencana penyelesaian. Oleh karena itu, diharapkan guru dapat memberikan soal nonrutin dengan gabungan antar konsep matematika sehingga dapat melatih berpikir relasional dan kemampuan penyelesaian masalah siswa.
Kata Kunci: Berpikir Relasional, Penyelesaian Masalah, Self-Efficacy
A person's mental activity in which he/she must be able to relate his/her knowledge to the new information provided to solve a mathematical problem is called relational thinking, which can be influenced by one's self-confidence (self-efficacy). This study's goal is to describe the relational thinking profile of high school students in solving SPLTV problems in terms of self-efficacy. Each student has high self-efficacy and low self-efficacy as a research subject. This type of research is descriptive qualitative research, and the research instruments are self-efficacy questionnaires, SPLTV problem-solving tests, and interview guidelines. This study used data analysis methods based on indicators of relational thinking in solving SPLTV problems and through four stages of completion, according to Polya. The results showed that students with high self-efficacy had fulfilled all the indicators of relational thinking in solving SPLTV problems at the stage of understanding the problem, making a settlement plan, implementing a settlement plan, and re-examining the solution. Meanwhile, students with low self-efficacy can only meet the indicators of relational thinking at the stage of understanding the problem, making a settlement plan, and completing the settlement plan. Therefore, it is hoped that teachers can provide non-routine questions with a combination of mathematical concepts to train students' relational thinking and problem-solving abilities.
Keywords: Relational Thinking, Problem Solving, Self-Efficacy