PENALARAN ANALOGI SISWA MADRASAH ALIYAH (MA) DALAM MEMECAHKAN MASALAH TRIGONOMETRI DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISTEMATIS DAN INTUITIF
ANALOGICAL REASONING OF STUDENTS MADRASAH ALIYAH (MA) IN SOLVING TRIGONOMETRY PROBLEMS ASSESSED FROM SYSTEMATIC AND INTUITIVE COGNITIVE STYLES
ABSTRAK
Ummah, Azizah Qurrotul. 2020. Penelaran Analogi Siswa Madrasah Aliyah (MA) dalam Memecahkan Masalah Trigonometri Ditinjau dari Gaya Kognitif Sistematis dan Intuitif. Tesis, Program Studi Pendidikan Matematika, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, Pembimbing: (I) Rooselyna Ekawati, M.Sc., Ph.D. dan (II) Dr. Masriyah, M.Pd.
Kata Kunci : Penalaran Analogi, Masalah Trigonometri, Gaya Kognitif.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penalaran analogi siswa Madrasah Aliyah (MA) dalam memecahkan masalah trigonometri ditinjau dari gaya kognitif yang meliputi Sistematis dan Intuitif.
Dua siswa perempuan kelas XI MAN 1 Kota Probolinggo tahun ajaran 2020/2021, yang memperoleh nilai tertinggi berdasarkan hasil tes kemampuan matematika dan memiliki gaya kognitif sistematis dan intuitif dipilih sebagai subjek penelitian. Data penalaran analogi siswa dikumpulkan dua kali melalui pemberian tes penalaran analogi dan wawancara yang berkaitan dengan masalah trigonometri. Tes Penalaran Analogi dan wawancara kedua dilakukan untuk kepentingan triangulasi data, untuk menguji keabsahan data. Hasil tes penalaran analogi dan wawancara dianalisis untuk mendeskripsikan penalaran analogi siswa.
Hasil analisis menunjukkan bahwa penalaran analogi siswa sistematis dalam memecahkan masalah trigonometri diawali dengan mengidentifikasi informasi yang diketahui maupun yang ditanyakan pada masalah sumber dan masalah target kemudian merepresentasikannya dalam gambar sebelum menentukan solusi penyelesaian masalah sumber. Subjek sistematis menyusun penyelesaian masalah secara urut dan menggunakan cara serta konsep yang sama dengan masalah sumber untuk menyelesaikan masalah target dengan perhitungan yang benar. Sedangkan penalaran analogi subjek intuitif diawali dengan mengindentifikasi informasi yang diketahui maupun yang ditanyakan pada masalah sumber dan target. Kemudian subjek intuitif mencoba-coba langsung menggunakan konsep perbandingan trigonometri, setelah itu baru merepresentasikannya dalam gambar. Subjek intuitif menyusun penyelesaian masalah secara acak, namun pada akhirnya subjek intuitif menggunakan cara dan konsep yang sama dengan masalah sumber untuk menyelesaikan masalah target walaupun dengan perhitungan akhir salah.
ABSTRACT
Ummah, Azizah Qurrotul. 2020. Analogy Learning of Madrasah Aliyah (MA) Students in Solving Trigonometric Problems in terms of Systematic and Intuitive Cognitive Style. Thesis, Mathematics Education Study Program, Graduate School of Surabaya State University, Advisors: (I) Rooselyna Ekawati, M.Sc., Ph.D. and (II) Dr. Masriyah, M.Pd.
Keywords: Analogical Reasoning, Trigonometric Problems, Cognitive Style.
This study aims to describe the analogical reasoning of Madrasah Aliyah (MA) students in solving trigonometric problems in terms of cognitive styles which include Systematic and Intuitive.
Two female students of class XI MAN 1 Kota Probolinggo for the academic year 2020/2021, who obtained the highest score based on the results of the math ability test and had a systematic and intuitive cognitive style were selected as research subjects. The students' analogy reasoning data was collected twice through giving analogy reasoning tests and interviews related to trigonometric problems. The Analogical Reasoning Test and the second interview were conducted for the benefit of data triangulation, to test the validity of the data. The results of the analogy reasoning test and interviews were analyzed to describe students' analogical reasoning.
The results of the analysis show that the systematic analogical reasoning of students in solving trigonometric problems begins by identifying the information that is known or asked about the source problem and the target problem then represents it in pictures before determining the source problem solving solution. The subject systematically arranges the problem solving in order and uses the same methods and concepts as the source problem to solve the target problem with the correct calculation. Meanwhile, analogical reasoning of the intuitive subject begins with identifying the information that is known or asked about the source and target problem. Then the intuitive subject directly experimented with the concept of trigonometric comparisons, then represented it in pictures. The intuitive subject arranges the problem solving randomly, but in the end the intuitive subject uses the same methods and concepts as the source problem to solve the target problem even though the final calculation is wrong.