DESAIN PENGAMAN PALANG PINTU OTOMATIS PADA REL GANDA KERETA API DENGAN SISTEM SMART GRID
DESIGN OF AUTOMATIC DOORSTOP SAFETY ON DOUBLE RAILROAD TRACKS WITH SMART GRID SYSTEM
PLTS Hybrid merupakan penggabungan sumber energi seperti panel surya dengan PLN. Kita bisa meng-koneksikan sumber listrik dari panel surya (sumber utama), dan PLN (sumber cadangan). Cara kerja dari rangkaian Smart Grid ini membutuhkan 3 komponen utama yaitu mikrokontroller ESP32, sensor tegangan sebagai pengukur tegangan, dan relay sebagai saklar. Apabla panel surya mengalami penurunan tegangan dibawah 12V maka relay otomatis akan pindah ke sumber PLN karena sudah di setting di mikrokontroller. Kondisi jalur kereta api bervariasi, termasuk juga dengan rel ganda kereta api dengan mempertimbangkan kebutuhan, dan kondisi geografis. Lalu untuk juga terdapat 3 jenis ruang manfaat pada ruang milik PT.KAI yaitu rumaja, rumija, dan ruwasja, dan lalu lintas perlintasan kereta yaitu lama palang pintu kereta menutup yaitu kurang lebih selama 7 menit. Pada pengujian yang didapatkan dengan hasil data yang dimana terdapat sensor ultrasonic yang tidak dapat mendeteksi objek sebanyak 5 kali putaran, dengan nilai tegangan tertinggi sumber yang di uji saat siang hari Vpanel 17,87V, SCC 14,32V, Vaccu 16,68V Iaccu 0,72A dengan kondisi charging menggunakan sumber panel surya, lalu di uji saat malam hari dengan Vpanel 0V, SCC 13,5V, Vaccu 13,51, Iaccu 0,19A dengan kondisi charging baterai menggunakan sumber PLN. Untuk proses charging baterai didapatkan hasil data pada State Of Charge (SOC) 30% yaitu 11,8V hingga mencapai SOC 100% pada tegangan 13,0V dengan tegangan charging tertinggi yaitu 13,9V, dan tegangan charging terkecil 12,8V. Penelitian ini juga mendapatkan nilai akurasi keberhasilan yaitu 92,39 %, dan kegagalan 7,6 % sensor dalam mendeteksi objek yaitu kereta.
Kata Kunci: Automatic Transfer Switch, Sensor Ultrasonik, Motor Servo Sg90, Sensor Tegangan, sensor arus.
PLTS Hybrid is a combination of energy sources such as solar panels with PLN. We can connect electricity sources from solar panels (main source), and PLN (backup source). The workings of this Smart Grid circuit require 3 main components, namely the ESP32 microcontroller, voltage sensor as a voltage meter, and relay as a switch. If the solar panel experiences a voltage drop below 12V, the relay will automatically move to the PLN source because it has been set in the microcontroller. Railroad conditions vary, including double railroad tracks by considering the needs, and geographical conditions. Then for there are also 3 types of benefit space in the space owned by PT.KAI, namely rumaja, rumija, and ruwasja, and train crossing traffic, namely the length of time the train door crossing closes, which is approximately 7 minutes. In the test obtained with the results of data where there are ultrasonic sensors that cannot detect objects 5 times round, with the highest voltage value of the source tested during the day Vpanel 17.87V, SCC 14.32V, Vaccu 16.68V Iaccu 0.72A with charging conditions using solar panel sources, then tested at night with Vpanel 0V, SCC 13.5V, Vaccu 13.51, Iaccu 0.19A with battery charging conditions using PLN sources. For the battery charging process, the data results are obtained at 30% State Of Charge (SOC), which is 11.8V until it reaches 100% SOC at a voltage of 13.0V with the highest charging voltage of 13.9V, and the smallest charging voltage of 12.8V. This study also obtained a success accuracy value of 92.39%, and a failure of 7.6% of sensors in detecting objects, namely trains.
Keywords: Automatic Transfer Switch, Ultrasonic Sensor, Servo Motor Sg90, Voltage Sensor, current sensor.