PERANCANGAN DESAIN ANTARMUKA APLIKASI KOMUNITAS VIRTUAL KARATE KYOKUSHIN DENGAN METODE DESIGN SPRINT
KYOKUSHIN VIRTUAL KARATE COMMUNITY APPLICATION INTERFACE DESIGN USING THE DESIGN SPRINT METHOD
Abstrak
Seni bela diri karate setiap tahunnya semakin berkembang, banyak aliran karate yang mulai tersebar luas di Indonesia, salah satunya adalah aliran Kyokushin. Aliran tersebut melahirkan berbagai macam perguruan dan membentuk komunitas besar di gempuran perkembangan teknologi saat ini. Fitur grup pada aplikasi jejaring sosial facebook menjadi wadah bagi komunitas online mereka untuk berbagi informasi mengenai turnamen yang diadakan oleh berbagai perguruan Kyokushin. Namun, semakin banyaknya anggota yang dengan mudah membagikan postingan dalam grup mengakibatkan informasi penting sulit untuk ditemukan. Hal itu, dikarenakan tidak adanya fitur khusus yang dapat menampung informasi valid dan tertata. Perancangan ini bertujuan untuk menciptakan sarana informasi yang merata, suasana aman dalam berinteraksi, dan transaksi terpercaya khusus penggiat karate Kyokushin. Gaya hidup terkini yang menjadikan aplikasi sebagai hasil pilihan media perancangan yang dibatasi sampai hasil desain akhir purwarupa antarmuka dengan pendekatan metode design sprint (understand, diverge, decide, prototype, dan validate). Aplikasi yang dinamakan KANKU (diambil dari sebutan simbol atau logo dari Kyokushin) akan menjadi forum virtual bagi penggiat karate Kyokushin di seluruh Indonesia.
Kata Kunci: Karate, Kyokushin, Komunitas Virtual, Design Sprint, Antarmuka Pengguna.
Abstract
Karate martial art is growing every year, many schools of karate are starting to spread widely in Indonesia, one of which is the Kyokushin school. This flow gave birth to various kinds of colleges and formed large communities in the onslaught of current technological developments. The group feature on the social networking application Facebook is a place for their online community to share information about tournaments held by various Kyokushin schools. However, the increasing number of members who easily share posts in groups makes important information dificult to find. This is because there are no special features that can accommodate valid and organized information. This design aims to create equal information facilities, a safe atmosphere in interactions, and reliable transactions specifically for Kyokushin karate activists. The latest lifestyle that makes the application as a result of the choice of design media which is limited to the final design of the interface prototype with the design sprint method (understand, diverge, decide, prototype, and validate). The application called KANKU (taken from the designation of the symbol or logo from Kyokushin) will become a virtual forum for Kyokushin karate activists throughout Indonesia.
Keywords: Karate, Kyokushin, Virtual Community, Design Sprint, User Interface.