Penggunaan Media Power Point Interaktif pada Pembelajaran Surat Pribadi dan Surat Dinas di Kelas VII-D SMP Negeri 1 Temayang
The Use of Interactive Power Point Media on Learning Personal Letter and Office Letter in Class VII-D One Junior High School of Temayang
Perubahan sistem pembelajaran dari luring menjadi daring membuat guru dan siswa menjadi kurang efektif dalam melakukan pembelajaran. Pembelajaran lebih membosankan, oleh karena itu akan dilakukan penelitian dengan menerapkan media power point interaktif. Tujuan yang ingin dicapai yaitu 1) Mendeskripsikan penggunaan media power point interaktif pada pembelajaran surat pribadi dan surat dinas di kelas VII-D SMPN 1 Temayang, 2) Mendeskripsikan hasil belajar siswa dengan menggunakan media power point interaktif dalam pembelajaran surat pribadi dan surat dinas, 3) Mendeskripsikan respon siswa terhadap penerapan media power point interaktif dalam pembelajaran surat pribadi dan surat dinas. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Lokasi penelitian di SMPN 1 Temayang yang beralamatkan di Jalan Raya Temayang, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, dengan subjek penelitian siswa kelas VII-D. Instrumen penelitian yang digunakan ada tiga, yaitu observasi, tes, dan angket. Teknik pengumpulan datanya menggunakan lembar observasi guru dan siswa, pretes dan postes, dan lembar angket siswa. Hasil penelitiannya yaitu 1) Penggunaan media power point interaktif berjalan dengan baik, dibuktikan dengan hasil observasi aktivitas siswa 92,50% dan aktivitas guru 86,53%, 2) Hasil belajar sebelum menggunakan media mendapatkan nilai rata-rata 60,37, sedangkan sesudah menggunakan media mendapatkan nilai 78,33. Nilai rata-rata meningkat dan perbedaannya signifikan berdasarkan nilai uji t yaitu 2,06 < 5,887 > 2,78., 3) Respon siswa menyatakan bahwa penggunaan media bernilai positif sebesar 70,2%. Hal ini diperoleh melalui angket, jawaban selalu 51,1% , sering 19,1%, kadang-kadang 16,8%, dan tidak pernah 12,7%.
Kata Kunci: pembelajaran, daring, interaktif
The change in the learning system from offline to online makes teachers and students less effective in carrying out learning. Learning is more boring, therefore research will be carried out by applying interactive power point media. The objectives to be achieved are 1) Describe the use of interactive power point media in learning personal letters and official letters in class VII-D SMPN 1 Temayang, 2) Describe student learning outcomes using interactive power point media in learning personal letters and official letters, 3 ) Describe students' responses to the application of interactive power point media in learning personal letters and official letters. The type of research used is descriptive quantitative. The research location is at SMPN 1 Temayang which is located at Jalan Raya Temayang, Temayang District, Bojonegoro Regency, with the research subjects being students of class VII-D. There are three research instruments used, namely observation, tests, and questionnaires. The data collection technique used teacher and student observation sheets, pretest and posttest, and student questionnaire sheets. The results of the research are 1) The use of interactive power point media goes well, as evidenced by the results of observing 92.50% student activities and 86.53% teacher activities, 2) Learning outcomes before using the media get an average score of 60.37, while after using the media get a value of 78.33. The average value increased and the difference was significant based on the t test value, namely 2.06 < 5.887 > 2.78., 3) Student responses stated that the use of media had a positive value of 70.2%. This is obtained through a questionnaire, the answer is always 51.1%, often 19.1%, sometimes 16.8%, and never 12.7%.
Keywords: learning, online, interactive