PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS ANDROID DI SMK
Penelitian ini dilakukan dari hasil observasi yang dilaksanakan melalui wawancara dengan guru mata pelajaran produktif dan guru BK di SMK, bahwa di era saat ini teknologi yang sudah maju sangat cepat tetapi proses pembelajaran masih terfokus kepada guru atau dengan kata lain masih menggunakan metode konveksional yang membuat siswa merasa bosan dalam belajar sehingga materi yang disampikan sulit untuk diterima. Sebab itu diperlukan pengembangan media yang dapat mempermudah proses pembelajaran agar lebih efektif. Dengan mengembangkan lembar kerja siswa berbasis high order thinking skill dengan menggunakan platform Android siswa dapat menyadari akan dirinya sendiri dimana dalam pembelajaran tersebut siswa dapat belajar dengan media tersebut kapanpun. Model penelitian yang digunakan dalam kajian ini menggunakan medote Research and Development (R&D) dengan maksud dimana tahapan penelitian ini dilakukan hingga uji coba terbatas. Pembuatan media ini telah diuji oleh para ahli yang berkompeten dan mengerti pada bidangnya, sehingga validasi media dinyatakan sangat baik dengan perolehan akseptabilitas ahli media 80%, ahli materi 75%, praktisi 87%, dan calon pengguna 92%. Dari hasil tersebut media lembar kerja siswa berbasis hight order thinking skill dengan menggunakan platform android dapat digunakan sebagai alat bantu media pembelajaran dalam proses belajar mengajar.
This research was conducted from the results of observations carried out through interviews with productive subject teachers and counseling teachers at SMK, that in the current era technology has advanced very rapidly but the learning process is still focused on teachers or in other words still using the conventional method which makes students feel bored in learning so that the material presented is difficult to accept. Therefore, it is necessary to develop media that can facilitate the learning process to make it more effective. By developing student worksheets based on high order thinking skills using the Android platform, students can realize themselves, where in this learning students can learn with these media at any time. The research model used in this study uses the Research and Development (R&D) method with the intention that the stages of this research are carried out to limited trials. The production of this media has been tested by experts who are competent and understand in their fields, so that media validation is declared very good with the acceptability of media experts 80%, material experts 75%, practitioners 87%, and potential users 92%. From these results, student worksheet media based on hight order thinking skills using the Android platform can be used as a learning media tool in the teaching and learning process.