Pembelajaran Problem Posing merupakan pembelajaran yang mengarahkan peserta didik untuk membuat soal dan penyelesaiannya sendiri. Problem posing diharapkan dapat melatih keterampilan berpikir tingkat tinggi yang merupakan salah satu tuntutan keterampilan dalam pembelajaran Kurikulum 2013. Adapun materi yang menjadi fokus penelitian yang dianggap sulit oleh peserta didik serta menuntut keterampilan berpikir tingkat tinggi yaitu materi pewarisan sifat berdasarkan hukum mendel. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis problem posing untuk melatihkan keterampilan berpikir tingkat tinggi pada materi pewarisan sifat berdasarkan hukum mendel yang valid, praktis, dan efektif. Model pengembangan yang digunakan yaitu pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate) tanpa tahap Disseminate. Perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan divalidasi oleh tiga validator untuk mengetahui valliditas perangkat menggunakan instrumen penelitian berupa lembar validasi, kemudian diujicobakan secara terbatas pada 16 peserta didik kelas XII SMA untuk mengetahui kepraktisan berdasarkan keterlaksanaan RPP beserta aktivitas peserta didik menggunakan lembar observasi dan keefektifan perangkat berdasarkan respon dan hasil ketercapain indikator peserta didik menggunakan lembar tes. Teknik analisis data dilakukan dengan cara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran dinyatakan sangat valid dengan skor rata-rata 3,75. Perangkat pembelajaran dinyatakan sangat praktis ditinjau dari keterlaksanaan RPP sebesar 94,33% dan aktivitas peserta didik sebesar 95%. Perangkat pembelajaran juga dinyatakan sangat efektif ditinjau dari respon peserta didik sebesar 96% dan hasil ketercapaian indikator mencapai 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis problem posing pada materi pewarisan sifat berdasarkan hukum mendel telah memenuhi aspek validitas, kepraktisan, dan keefektifan sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci : perangkat pembelajaran, problem posing, keterampilan berpikir tingkat tinggi, pewarisan sifat berdasarkan
hukum mendel
Problem Posing Learning is learning that directs students to make their own questions and solutions. Problem posing is expected to be able to practice high-level thinking skills, which is one of the demands of skills in 2013 Curriculum learning. The material that is the focus of research is considered difficult by students and requires high-level thinking skills, namely inheritance material based on the legal law. This research aims to produce problem posing learning tools on inheritance material based on mendels law to trill the high order thinking skills for students of twelvth grade senior high school are valid, practical, and effective. This research is a development research with 4D development model (Define, Design, Develop, and Disseminate) without Disseminate stage. Learning tools that have been developed are validated by three validators to determine the level of validity of the device, then tested in a limited way on 16 XII class students to find out practicality based on the implementation of lesson plans and student activities and the effectiveness of the device based on responses and results of student indicators. The result showed that learning tools concluded very valid with reached average score 3.75. Learning tools concluded very practical based on RPP feasibility with percentage 94.33% and student activity with percentage 95%. Learning tools conclude very effective based on student response was positive with percentage 96% and completenes indicators reached 100%. Based on the results obtained, it can be concluded that learning tools based problem posing on devolution of nature based on mendel law has been developed fulfills the validity, practicallity, and effectivily that it can be used in the learning process.
Key Words : learning tools, problem posing, high order thinking skills, inheritance material based on mendels law