Pengaruh Motivasi, Gaya Belajar, dan Teman Sebaya Terhadap Hasil Belajar Kelas XI IPS SMAN 1 Puri Mojokerto
The Influence of Motivation, Learning Styles, and Peers on Learning Outcomes of Class XI IPS at SMAN 1 Puri Mojokerto
Hasil belajar ialah salah satu tolok ukur keberhasilan dalam belajar mengajar. Banyak faktor yang berpengaruh pada hasil belajar siswa, baik yang berasal dari dalam dan luar diri siswa. Hasil belajar ekonomi berupa nilai ulangan harian pada materi pendapatan nasional masih belum terpenuhinya KKM yaitu 78. Sebanyak 40,16% dari 127 peserta didik yaitu 51 peserta didik kelas XI IPS SMAN 1 Puri Mojokerto masih belum memenuhi nilai KKM yang telah ditetapkan oleh sekolah sehingga peserta didik harus melakukan perbaikan atau remidial. Penelitian ini mempunyai tujuan yakni untuk mendapatkan informasi terkait pengaruh motivasi belajar, gaya belaar, dan lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 1 Puri Mojokerto. Subjek penelitian ini ialah peserta didik kelas XI IPS yang berjumlah 127 siswa dan sampel yang dipakai sejumlah 95 siswa. Terdapat tahapan dalam analisis data adalah dengan analisis uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji t dan uji f pada hipotesis serta uji koefisien determinasi. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial hanya motivasi belajar yang berpengaruh terhadap hasil belajar, sedangkan gaya belajar dan lingkungan teman sebaya tidak berpengaruh terhadap hasil belajar. secara simultan tidak ada pengaruh motivasi belajar, gaya belajar, dan lingkungan teman sebaya terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMAN 1 Puri Mojokerto.
Kata Kunci: motivasi, gaya belajar, lingkungan teman sebaya, hasil belajar
Learning outcomes are one of the benchmarks of success in learning. There are many factors that can influence student-learning outcomes both from within and outside of students themselves. Economic learning outcomes in the form of daily test scores on national income material are still not fulfilled KKM which is 78. As many as 40.16% of 127 students that is 51 students of class XI IPS SMAN 1 Puri Mojokerto still do not meet the KKM value set by the school so that participants students must make repairs or remidial. The purpose of this study was to determine the effect of learning motivation, learning styles, and peer environment on economic learning outcomes of students of class XI IPS SMAN 1 Puri Mojokerto. The subjects of this study were 127 class XI IPS students and 95 students used the sample. There are stages in data analysis with the analysis of the classic assumption test, multiple linear regression analysis, t test and f test on the hypothesis and test the coefficient of determination. The results of this study indicate that partially only learning motivation has an effect on learning outcomes, while the learning style and peer environment have no effect on learning outcomes. Simultaneously there is no influence of learning motivation, learning style, and peer environment on the economic learning outcomes of students of class XI IPS SMAN 1 Puri Mojokerto.
Keywords: motivation, learning style, peer environment, learning outcomes