Kebugaran jasmani yang baik dan terjaga akan membuat seseorang
mampu menjalani aktivitas sehari-hari tanpa merasa lelah. Tingkat
kebugaran jasmani yang rendah akan menghambat seseorang dalam
melaksanakan suatu aktivitas lainnya, salah satunya pada komponen
kebugaran jasmani adalah kelincahan. Pada seluruh materi kebugaran
jasmani siswa memerlukan mengubah posisi tubuh atau bagian-bagiannya
dengan akurat karena itu aspek kelincahan berpengaruh terhadap
pergerakan siswa dalam melaksanakan proses pembelajaran penjasorkes.
Pada materi tersebut siswa mengalami kesulitan dalam pelaksanaan.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah model permainan
sirkuit mempengaruhi kelincahan siswa dalam materi kebugaran jasmani.
Pra-eksperimen dengan desain One Group pre-test post-test merupakan jenis
penelitian yang diterapkan. Penelitian ini menggunakan 41 siswa kelas
VIII-D SMP Sepuluh Nopember Sidoarjo sebagai sampel, teknik
pengambilan sampel mengguakan teknik cluster random sampling.
Penelitian ini menggunakan instrument kelincahan T-tes tentang hal
instrument keterampilan yang diterapkan yakni T-tes. Berdasarkan hasil uji
T Paired Test, terlihat bahwa dengan menerapkan model permainan sirkuit
memiliki dampak terhadap tingkat kelincahan siswa pada materi
kebugaran jasmani. Dengan skor 0,000 yang artinya berpengaruh signifikan