Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan sintaks model pembelajaran inkuiri, aktivitas peserta didik, hasil belajar ranah pengetahuan dan High Order Thinking Skills melalui implementasi model pembelajaran inkuiri pada submateri faktor-faktor yang memengaruhi laju reaksi. Metode penelitian ini menggunakan One Shoot Case Study dan One Group Pretest-Posttest Design dengan sampel penelitian yaitu 25 peserta didik kelas XI IPA 1 MAN 2 Gresik. Penelitian menunjukkan hasil sebagai berikut: (1) Keterlaksanaan sintaks model pembelajaran inkuiri memperoleh kualitas keterlaksanaan rata rata urut dari pertemuan pertama sampai pertemuan keempat sebesar 92,74%; 93,99%; 96,61%; dan 97,13% dengan kategori sangat baik. (2) Aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran memperoleh persentase aktivitas peserta didik yang relevan lebih besar dibandingkan aktivitas peserta didik yang tidak relevan. (3) Hasil belajar ranah pengetahuan peserta didik kelas XI IPA 1 memperoleh nilai ≥ 75 dinyatakan tuntas dengan nilai rata-rata sebesar 88 dan ketuntasan klasikal sebesar 100% (4) peningkatan High Order Thinking Skills dilihat dari peningkatan nilai rata-rata pretest dan postest menggunakan N-gain dari 25 peserta didik setelah diterapkannya model pembelajaran inkuiri sebesar 96% peserta didik mengalami peningkatan dengan kategori tinggi dan sebesar 4% peserta didik mengalami peningkatan dengan kategori sedang.
Kata kunci: inkuiri, HOTS, laju reaksi.
This research aims to determine the implementation of the syntax of inquiry model learning, student activity, learning outcomes of knowledge and High Order Thinking Skills through implementation of inquiry model learning in submaterial factors that affect the reaction rate. This research method uses One Shoot Case Study and One Group Pretest-Posttest Design with research sample of 25 learners of class XI IPA 1 MAN 2 Gresik. Research shows the following results: (1) The implementation of the syntax of inquiry model learning obtained the quality of alignment of the average order from the first meeting until the fourth meeting of 92.74%; 93.99%; 96.61%; and 97.13% as very good category. (2) Student activities during the learning process get a percentage of the relevant student activity greater than the activity of the irrelevant learners. (3) Learning outcomes of students ' knowledge of the class XI IPA 1 obtained the value ≥ 75 which is completed with an average value of 88 and a classical dictancy of 100% (4) Increased High Order Thinking Skills seen from the increased average value of pretests and postest use of N-gain of 25 learners after setting up an inquiry model learning of 96% of learners experienced an increase with the category and 4% of students experience increased with moderate category