Optimalisasi Pelayanan Restoran Cepat Saji XYZ Cabang Kota Kediri Menggunakan Pendekatan Teori Antrean
Service Optimization Of XYZ Fast Food Restaurant Branch Of Kediri City Using Queue Theory Approach
Restoran Cepat Saji XYZ merupakan salah satu restoran cepat saji dengan sistem frenchise yang terkenal di dunia dan salah satunya berlokasi di Kota Kediri. Selain menawarkan penyediaan makanan dan minuman dengan cepat, restoran ini juga memiliki standar kualitas yang sama di seluruh frenchise-nya sehingga banyak digemari pelanggan. Namun banyaknya pelanggan yang datang terkadang membuat pelanggan mengantri cukup lama pada waktu-waktu tertentu. Panjangnya antrean ini disebabkan oleh kurangnya jumlah fasilitas pelayanan yang disediakan dibandingkan dengan permintaan pelanggan.
Pola kedatangan pelanggan mengikuti distribusi Poisson dan lamanya waktu pelayanan mengikuti distribusi Eksponensial. Pada penelitian ini, model antrean yang digunakan adalah Multi Channel-Single Phase dengan menyediakan 2 kasir pelayanan atau (M/M/2). Model antrean ini digunakan untuk mengetahui ukuran kinerja sistem sehingga dapat menentukan jumlah kasir pelayanan yang optimal. Namun ternyata penyediaan 2 kasir pelayanan tidak memenuhi kondisi steady state. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa, pada hari minggu atau selama weekend dengan menambah jumlah kasir menjadi 6 kasir dapat memenuhi kondisi steady state dengan tingkat intensitas pelayanan ρ = 0.91<1. Serta untuk hari senin dan selasa atau weekdays perlu menyediakan 4 kasir pelayanan sehingga tingkat intensitas pelayanan ρ=0.76 < 1 yang artinya memenuhi kondisi steady state dan mampu mengurangi waktu tunggu pelanggan serta memaksimalkan kinerja kasir.
XYZ Fast Food Restaurant is one of the world-famous fast food restaurants with a frenchise system and one of them is located in Kediri City. In addition to offering the provision of food and drinks quickly, this restaurant also has the same quality standards throughout its frenchise so that many customers are favored. However, the number of customers who come sometimes makes customers queue long enough at certain times. The length of the queue is due to the lack of service facilities provided compared to customer demand.
The customer arrival pattern follows a Poisson distribution and the length of service time follows an Exponential distribution. In this study, the queue model used is Multi Channel-Single Phase by providing 2 service cashiers or (M/M/2). This queue model is used to determine the size of the system performance so that it can determine the optimal number of service cashiers. But it turns out that the provision of 2 service cashiers does not reach the conditions of the steady state. From the research results obtained that, on Sundays or during weekend by increasing the number of cashiers to 6 cashiers can reach the steady state condition with the level of service intensity ρ = 0.91<1. For Monday and Tuesday or weekdays need to provide 4 service cashiers with the level of service intensity ρ = 0.76<1 so as to reach the steady state condition and be able to reduce customer waiting time and maximize cashier performance.