ABSTRAK
EVALUASI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KEPEMIMPINAN TK. IV
DI BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH KABUPATEN GRESIK
(Studi Pada Bidang Pendidikan dan Pelatihan)
Nama : Jelita Septian Ardiani
NIM : 16040263005
Program Studi : DIII Administrasi Negara
Jurusan : Administrasi Publik
Fakultas : Ilmu Sosial dan Hukum
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dian Arlupi Utami, S.Sos., M.AP.
Suatu pelaksanaan program pendidikan dan pelatihan harus dilakukan proses evaluasi pendidikan dan pelatihan. Dalam melakukan evaluasi pendidikan dan pelatihan terdapat beberapa proses mulai dilakukan sejak awal perencanaan program pendidikan dan pelatihan, saat pelaksanaan pendidikan dan pelatihan, setelah pendidikan dan pelatihan sampai dengan peserta kembali ketempat tugas masing-masing. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan tingkat keberhasilan evaluasi pendidikan dan pelatihan kepemimpinan tingkat IV di Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Gresik.
Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan deskriptif dengan metode kualitatif. Fokus penelitian ini adalah evaluasi pendidikan dan pelatihan kepemimpinan tingkat IV yang menggunakan teori Kirkpatrick. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tiga tahap, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Serta teknik analisis data yang menggunakan empat tahap, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi/ kesimpulan.
Hasil penelitian menggambarkan bahwa: (1) Evaluasi pendidikan dan pelatihan kepemimpinan tingkat IV pada tahap reaksi ini respon yang diberikan oleh peserta diklat cukup baik. (2) Pada tahap belajar, informasi hasil belajar selama diklat peserta mengalami banyak perubahan berkaitan dengan pengetahuan. (3) Tahap tingkah laku, dalam tahap evaluasi ini peserta sangat mengalami perubahan dalam hal tingkah laku yang terkait dengan integritas sehingga bisa megembangkan diri melalui inovasi. (4) Tahap hasil, evaluasi tahap ini peserta merasa memiliki kualitas dan produktivitas kerja yang tinggi sehingga bisa melaksanakan tugas dan jabatan di unit kerja masing-masing.
Saran yang diberikan untuk Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Gresik adalah kurangnya sumber daya manusia yang mengevaluasi sehingga perlu diadakan recruitment pegawai untuk mengoptimalkan proses evaluasi diklat, untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan evaluasi diklat kepemimpinan tingkat IV, maka harus terdapat tim evaluasi agar dapat mengetahui keberhasilan diklat apakah sudah tepat sasaran ataukah belum, dalam proses melaksanakan evaluasi diklat bagi peserta yang menagalami mutasi, pihak pelaksana masih mengalami kendala sehingga dalam proses evaluasi diklat masih berkerjasama dengan lembaga lain, perlu adanya impelementasi proyek perubahan agar inovasi tersebut bisa menunjang produktivitas kerja.
Kata Kunci : Evaluasi, Pendidikan dan Pelatihan, Kepemimpinanan
EVALUATION OF LEVEL IV EDUCATION AND LEADERSHIP TRAINING AT THE REGIONAL CIVIL SERVICE AGENCY OF GRESIK REGENCY
(Study in the Field of Education and Training)
Name : Jelita Septian Ardiani
Study Program : DIII State Administration
Department : Publik Administration
Faculty : Social Sciences and Law
Name of Institution : State University of Surabaya
Advisor : Dian Arlupi Utami, S.Sos., M.AP.
An implementation of an education and training program must be carried out in the process of evaluating education and training. In conducting education and training evaluations there are several processes starting from the beginning of the planning of education and training programs, during the implementation of education and training, after education and training arrive with the participants returning to their respective assignments. The purpose of this study is do describe the success rate of level IV leadership education and training in the Regional Civil Service Agency of Gresik Regency.
The research approach used is descriptive approach with qualitative methods. The focus of this research is the evaluation of level IV leadership education and training that uses Kirkpatrickā€¯s theory. The technique of data collection is done in three stages, namely observation, interviews and documentation. As well as data analysis techniques that use four stages, namely data collection, data reduction, data presentation and verification/conclusion.
The results of the study illustrate that: (1) Level IV education and leadership training evaluation at this reaction stage the response given by training participants is quite good. (2) At the learning stage, information on learning outcomes during participant training experiences many changes related to knowledge. (3) Stage of behavior, in this evaluation phase participants experience changes in behavior related to integrity so they can develop themselves through innovation. (4) The results phase, evaluating this stage participants fell they have high quality and work productivity so that they can carry out tasks and positions in their respective work units.
The advice given to the Gresik District Civil Service Agency is the lack of evaluating human resources so that it is necessary to hold employee recruitment to optimize the training evaluation process, to find out the success of level IV leadership training evaluations. on target or not, in the process of implementing training evaluations for participants experiencing mutations, the implementing parties are still having problems so that in the education and training evaluation process they are still collaborating with other institutions.
Keywords: Evaluation, Education and Training, Leadership