Penyelesaian Soal Cerita Peserta Didik SMP Ditinjau Dari Gaya Belajar
Solving Story Problems Of Junior High School Students Viewed From Learning Styles
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penyelesaian soal cerita peserta didik ditinjau dari gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Penyelesaian soal cerita dapat dilihat dari beberapa tahapan menurut Polya (2004) yaitu pemahaman masalah, perencanaan penyelesaian masalah, pelaksanaan rencana, dan peninjauan kembali. Berdasarkan hasil penelitian terdahulu dan data dari beberapa ahli menunjukkan bahwa penyelesaian soal yang dimiliki oleh peserta didik kurang baik. Oleh karena itu, penelitian ini perlu dilakukan karena penelitian ini ingin memperoleh informasi terkait proses penyelesaian soal cerita yang dilakukan peserta didik.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek pada penelitian ini yaitu satu peserta didik kelas VIII yang memiliki gaya belajar visual, satu peserta didik kelas VIII yang memiliki gaya belajar auditorial, dan satu peserta didik kelas VIII yang memiliki gaya belajar kinestetik. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu SMP di kota Tuban tahun ajaran 2022/2023. Instrumen yang digunakan yaitu angket gaya belajar, tes kemampuan matematika, tugas soal cerita, dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data terdiri dari angket, tes, dan wawancara. Teknik analisis data terdiri dari analisis hasil instrumen, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan berdasarkan tahapan penyelesaian masalah menurut Polya. Hasil penelitian ini menunjukkan pada tahap pemahaman masalah, peserta didik bergaya belajar visual dan kinestetik menuliskan data yang diketahui dengan tepat dan ringkas tetapi tidak menuliskan data yang ditanyakan. Peserta didik bergaya belajar auditorial menuliskan data yang ketahui dengan tepat dan kurang lengkap serta menuliskan data yang ditanyakan dengan tepat. Pada tahap perencanaan penyelesaian masalah, peserta didik bergaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik menjelaskan keterkaitan antara permasalahan dengan pengalaman yang dimiliki serta mengunakan satu cara atau strategi yang sama dalam menyelesaikan masalah. Pada tahap pelaksanaan rencana, peserta didik bergaya belajar visual dan kinestetik menyelesaikan masalah sesuai rencana serta memeriksa tiap langkah pengerjaan, sedangkan peserta didik bergaya belajar auditorial menyelesaikan masalah tidak sesuai rencana serta kurang teliti dalam memeriksa tiap langkah pengerjaan. Pada tahap peninjauan kembali peserta didik bergaya belajar visual menuliskan kesimpulan dengan tepat serta memeriksa hasil jawaban, peserta didik bergaya belajar auditorial dan kinestetik menuliskan kesimpulan secara kurang tepat serta kurang memeriksa hasil jawaban.
This study aims to describe the completion of students' story problems in terms of visual, auditorial, and kinesthetic learning styles. Completion of story problems can be seen from several stages according to Polya (2004), namely understanding the problem, planning problem solving, implementing the plan, and reviewing. Based on the results of previous research and data from several experts, it shows that students' problem solving is not good. Therefore, this research needs to be done because this research wants to obtain information related to the process of solving story problems by students.
This research is a descriptive research with a qualitative approach. The subjects in this study were one VIII grade student who had a visual learning style, one VIII grade student who had an auditorial learning style, and one VIII grade student who had a kinesthetic learning style. This research was conducted at one of the junior high schools in Tuban city in the 2022/2023 school year. The instruments used were learning style questionnaires, math ability tests, story problem assignments, and interview guidelines. Data collection techniques consisted of questionnaires, tests, and interviews. Data analysis technique consists of analyzing instrument results, data reduction, data presentation, and conclusion drawing based on the stages of problem solving according to Polya. The results of this study indicate that at the problem understanding stage, visual and kinesthetic learning style students write the known data correctly and concisely but do not write the data asked. Auditorial learning style learners write the known data correctly and incompletely and write the data asked correctly. At the problem solving planning stage, visual, auditorial, and kinesthetic learning style learners explain the relationship between the problem and their experience and use the same method or strategy in solving the problem. At the plan implementation stage, visual and kinesthetic learning style learners solve problems according to plan and check each step of the work, while auditorial learning style learners solve problems not according to plan and are less careful in checking each step of the work. At the review stage, visual learning style learners write conclusions correctly and check the results of the answer, auditorial and kinesthetic learning style learners write conclusions incorrectly and do not check the results of the answer.