Citra diri remaja putri adalah pembentukan diri yang meliputi perasaan dan pandangan diri sendiri. Pada masa remaja, gambaran tubuh serta penampilan dapat mempengaruhi penerimaan dirinya. Kasus citra diri remaja putri yang cemas dalam penggunaan Instagram ditemui di SMA Negeri 1 Kebomas. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini untuk mencari tahu secara mendalam tentang bentuk citra diri remaja putri ditinjau dari kecemasan penggunaan instagram, serta peran guru bimbingan dan konseling dalam pembentukan diri remaja putri. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan rancangan metode studi kasus. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Subjek pada penelitian ini adalah lima remaja putri di SMA Negeri 1 Kebomas. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan triangulasi.
Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah lima bentuk citra diri dari lima remaja putri yang menggunakan instagram yaitu mulai dari mengedit foto/video, mencari informasi, berbagi konten, meniru gaya/fashion orang sampai pada mengekspresikan perasaan individu. Peran guru bimbingan daN konseling dalam mengatasinya adalah memberikan layanan konseling individu serta mengadakan sosialisasi.
The self-image of young women is self-formation, which includes feelings and views. In adolescence, image of the body and appearance that can affect self-acceptance. Cases of the self-image of adolescent girls who are anxious about using Instagram were found at SMAN 1 Kebomas. Therefore, the purpose of this study to find out in-depth about the form of the self-image of young women in terms of the anxiety of using Instagram, as well as the role of guidance and counseling teachers in the formation of adolescent girls. This type of research is descriptive qualitative using a case study method design. The data collection tools used were interviews, observation, and documentation study. The subjects in this study were five young women in SMAN 1 Kebomas. The data analysis technique used is triangulation.
The results achieved in this study are five forms of the self-image of five young women who used Instagram. It is included ranging from editing photos/videos, looking for information, sharing content, imitating people's style/fashion to expressing personal feelings. The role of the guidance and counseling teacher in overcoming it is to provide individual counseling services and conduct socialization.
Keywords: self-image, Instagram, young women