Berdasarkan hasil wawancara dengan guru bahasa Jerman dan analisis kebutuhan media di SMAN 12 Surabaya, didapatkan bahwa peserta didik kelas XII masih kesulitan dalam menulis kalimat bahasa Jerman. Selain itu, tidak adanya media pembelajaran yang mendukung menjadi salah satu faktor. Media kalender berbasis Powerpoint dibuat dengan harapan dapat digunakan untuk membantu meningkatkan minat belajar serta pemahaman peserta didik. Media kalender berbasis Powerpoint ini dibuat dan digunakan menggunakan aplikasi Powerpoint. Media ini berisi kumpulan soal latihan menulis yang disajikan secara interaktif, sehingga peserta didik dapat langsung menuliskan jawabannya di kolom jawaban yang tersedia. Materi yang dipilih dalam media ini yaitu pada subtema Tagesablauf. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model pengembangan media menurut Sadiman, yang terdiri (1) analisis kebutuhan, (2) merumuskan tujuan pembelajaran, (3) merumuskan butir-butir materi, (4) mengembangkan alat ukur keberhasilan media, (5) menyusun draft media, (6) melakukan revisi media. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan skala tertutup yang diberikan kepada validator media. Validasi media dilakukan sebanyak 2 kali dengan hasil validasi media sebesar 95%. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa media kalender berbasis Powerpoint layak dan dapat digunakan dalam pembelajaran keterampilan menulis kalimat bahasa Jerman.
Kata kunci : Media Kalender Berbasis Powerpoint, Keterampilan Menulis, Bahasa Jerman
Based on the results of interviews and analysis of media needs at SMAN 12 Surabaya, it was found that Based on the results of interviews with German teachers and analysis of media-needs at SMAN 12 Surabaya, the students of the XII class were still struggling in writing German sentences. In addition, the absence of learning-media supports is a factor of it. Powerpoint-based calendar is made in hopes that it can be used to help increase the learning interest and understanding of students. This media is created and used using the Powerpoint application. This media contains collections of interactive writing exercises, so that students can directly write the answers in the answer-column. The material selected in this media is the subtheme Tagesablauf. The development model used in this research is the model of media development according to Sadiman, which consists of (1) analysis of Needs, (2) Formulating learning objectives, (3) Formulating material items, (4) developing a success measuring instrument Media, (5) drafting a draft media, (6) Conducting media revisions. The instrument used is a closed-scale poll. It given to the media validators. Media validation is done two times with media validation result of 95%. Based on this, it can be concluded that the Powerpint-based calendar is feasible. So this media can be used in learning of writing German sentences.
Keywords : Powerpoint-based calendar, writing skills, German language