THE EFFECT OF USING DIGITAL FLASHCARDS (DFS) ON IMPROVING JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS' SPEAKING SKILL
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan digital flashcards (DFs) terhadap peningkatan keterampilan berbicara siswa sekolah menengah pertama. Keterampilan berbicara siswa harus melibatkan semua kriteria penilaian berbicara yaitu fluency and coherence, lexical resource, grammatical range and accuracy, and pronunciation. Penelitian ini menggunakan metode pra-eksperimen dengan desain one-group pre-test post-test. Peneliti mengumpulkan data dengan memberikan pre-test dan post-test dari tes berbicara tentang mendeskripsikan orang. Sampel penelitian ini adalah 32 siswa kelas tujuh SMP Negeri di Gresik. Tes tersebut dihitung dan dianalisis dengan menggunakan SPSS 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan digital flashcards efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa di SMP. Terbukti dari hasil data bahwa ada perbedaan yang signifikan antara skor pre-test dan post-test. Nilai rata-rata pada pre-test adalah 38,15 dan post-test adalah 49,57, dengan demikian rata-rata yang ditemukan berada pada kategori efek besar (0,63). Hasilnya juga menunjukkan kemajuan yang signifikan di antara empat kriteria penilaian oleh IELTS yaitu fluency and coherence (0,50), lexical resource (0,62), grammatical range and accuracy (0,62), dan pronunciation (0,63). Sebagai kesimpulan, penelitian ini menyarankan media digital flashcards (DFs) dapat diterapkan di tingkat sekolah menengah pertama untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa.
The aim of this study was to investigated the effect of using digital flashcards (DFs) on improving junior high school students’ speaking skill. Students’ speaking skill has to involve all criteria of speaking assessment which are fluency and coherence, lexical resource, grammatical range and accuracy, and pronunciation. This study employed pre-experimental method with the one-group pre-test post-test design. The researcher gathered the data by providing pre-test and post-test of the speaking test about describing person. The sample of this study was 32 seventh grade students of Junior High School in Gresik. The test was tabulated and analyzed by using SPSS 23. The results of this study showed that the use of digital flashcards is effective to improve students’ speaking skill in junior high school. It was proven by the result of the data that there was a significant difference between the pre-test and post-test scores. The mean score was 38.15 in the pre-test and 49.57 in the post-test, thus the average found is in the large effect category (0.63). The results also showed significant progress among four criteria assessment by IELTS which are fluency and coherence (0.50), lexical resource (0.62), grammatical range and accuracy (0.62), and pronunciation (0.63). In conclusion, the current study suggests the digital flashcards (DFs) media can be applied towards junior high school level to improve students’ speaking skill.