PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS GOOGLE SITES PADA MATERI SEGI EMPATKELAS IV SDN SAMBIDOPLANG
DEVELOPMENT OF MATHEMATICS LEARNING MEDIA BASED ON GOOGLE SITES ON SQUARE MATERIALS CLASS IV ELEMENTARY SCHOOL SAMBIDOPLANG
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS GOOGLE SITES PADA MATERI SEGI EMPAT
KELAS IV SDN SAMBIDOPLANG
Nama : Nur Aditya Rahman
NIM : 19010644175
Program Studi : S-1
Jurusan : Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas : Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Delia Indrawati, S.Pd., M.Pd.
Media pembelajaran yang digunakan oleh guru tidak terlepas dari perkembangan ilmu teknologi dan komunikasi. Google Sites ialah media yang bisa membantu guru dalam pembelajaran Matematika. Dengan menampilkan berbagai format media, antara lain file, foto, video, audio, dan media lainnya dalam tampilan visual, media Google Sites menawarkan gambaran pembelajaran yang menarik. Terbatasnya pemahaman guru kelas IV SDN Sambidoplang terhadap teknologi menyebabkan penyampaian materi bahan ajar dengan berceramah atau sekedar memanfaatkan buku bahan ajar menyebabkan siswa kurang tertarik dalam belajar. Untuk itu pengembangan media pembelajaran berbasis Google Sites sangat penting dilakukan.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengembangan pembelajaran matematika berbasis Google Sites pada materi segi empat kelas IV SDN Sambidoplang. (2) Untuk mengetahui kelakayan pengembangan media pembelajaran matematika berbasis Google Sites pada materi segi empat kelas IV SDN Sambidoplang. (3) Untuk mengetahui respon peserta didik terhadap ketertarikan pengembangan media pembelajaran matematika berbasis Google Sites pada materi segi empat kelas IV SDN Sambidoplang.
Metode penelitian ini adalah Research and Development dengan model penelitian Borg and Gall. Tahap dalam penelitian ini terdiri atas analisa masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi desain dan uji coba produk. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui hasil pengamatan dan wawancara, serta study literature. Data kuantitatif diperoleh melalui kevalidan media pembelajaran yang menggunakan google sites dari hasil validasi ahli media dan materi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengembangan pembelajaran matematika berbasis Google Sites untuk kelas IV SDN Sambidoplang sangat cocok dijadikan alternative pilihan media pembelajaran jarak jauh karena sangat hemat biaya, praktis dan dapat digunakan kapanpun. (2) Pengembangan pembelajaran matematika berbasis Google Sites pada materi segi empat kelas IV SDN Sambidoplang dinyatakan layak digunakan untuk bahan ajar guru dalam menyampaikan materi. (3) Respon siswa kelas IV SDN Sambidoplang terhadap pengembangan media berbasis Google Sites dapat memberikan manfaat memotivasi siswa untuk belajar, sehingga berdampak pada meningkatnya hasil belajar siswa.
Name : Nur Aditya Rahman
Study Program : S-1
Major : Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Faculty : Ilmu Pendidikan
Institustion Name : Universitas Negeri Surabaya
Advisor : Delia Indrawati, S.Pd., M.Pd.
The learning media used by teachers cannot be separated from the development of technology and communication science. Google Sites is a medium that can help teachers in learning Mathematics. By displaying various media formats, including files, photos, videos, audio, and other media in a visual display, Google Sites media offers an interesting picture of learning. The limited understanding of the fourth grade teacher at SDN Sambidoplang about technology causes the delivery of teaching materials by lecturing or simply using textbooks causing students to be less interested in learning. For this reason, the development of learning media based on Google Sites is very important.
The aims of this study were (1) to find out the development of Google Sites-based mathematics learning on quadrilateral material for class IV SDN Sambidoplang. (2) To find out the feasibility of developing Google Sites-based mathematics learning media on quadrilateral material for class IV SDN Sambidoplang. (3) To find out students' responses to the interest in developing Google Sites-based mathematics learning media on quadrilateral material for class IV SDN Sambidoplang.
This research method is Research and Development with the Borg and Gall research model. The stages in this study consisted of problem analysis, data collection, product design, product validation, design revision and product testing. The type of data used is qualitative and quantitative data. Qualitative data were obtained through observations and interviews, as well as literature studies. Quantitative data was obtained through the validity of learning media using Google sites from the results of media and material expert validation.
The results of the study show that: (1) The development of Google Sites-based mathematics learning for class IV of SDN Sambidoplang is very suitable as an alternative choice of distance learning media because it is very cost-effective, practical and can be used at any time. (2) Development of Google Sites-based mathematics learning on quadrilateral material for class IV SDN Sambidoplang was declared suitable for use as teaching materials for teachers in delivering material. (3) The response of fourth grade students at SDN Sambidoplang to the development of Google Sites-based media can provide benefits in motivating students to learn, so that it has an impact on increasing student learning outcomes.