ABSTRAK
PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING LEARNING
(PPL) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA KOSAKATA BAHASA JEPANG SISWA KELAS XI IPA 1 SMAN 1 PAPAR
KEDIRI TAHUN AJARAN 2018/2019
Nama
:
OKTAVI ANA DEWI NIM : 14020104033 Prodi :
Pendidikan Bahasa dan Sastra Jepang Fakultas :
Bahasa Jepang Nama Lembaga :
Universitas Negeri Surabaya Pembimbing :
Amira Agustin Kocimaheni. S.Pd, M.Pd Tahun : 2019
Kata kunci :
Metode Probing Prompting Learning (PPL),
kemampuan membaca, kosakata bahasa Jepang.
Membaca kosakata dalam pembelajaran bahasa sangat
dibutuhkan, salah satunya dalam belajar bahasa Jepang. Oleh karena itu siswa
diharuskan menguasai kosakata baik dari segi tulisan maupun pelafalan.
Berdasarkan hasil data pra penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa siswa kelas XI IPA 1 SMAN 1 Papar
Kediri masih mengalami kesulitan dalam hal membaca kosakata. berdasarkan
masalah tersebut digunakan metode pembelajaran Probing Prompting Learning (PPL) untuk menciptakan kegiatan belajar yang menyenangkan bagi siswa . Metode
pembelajaran PPL merupakan metode pembelajaran yang menyajikan serangkaian
pertanyaan yang sifatnya menuntun dan menggali gagasan siswa yang dapat
melejitkan proses berpikir yang mampu mengaitkan pengetahuan dan pengalaman
dengan pengetahuan baru yang sedang dipelajari. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran PPL
terhadap kemampuan membaca kosakata bahasa Jepang siswa kelas XI IPA 1 SMAN 1
Papar Kediri serta respon siswa terhadap metode pembelajaran tersebut.
Penelitian
ini merupakan penelitian kuantitatif
berjenis eksperimen murni (true
experiment design ). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI
SMAN 1 Papar Kediri dengan sampel kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen
dengan jumlah 32 siswa dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah
32 siswa. Pembelajaran di kelas eksperimen menggunakan metode pembelajaran PPL
sedangkan di kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran drill . Data yang diambil adalah nilai pretest dan postest siswa
kelas eksperimen dan kelas kontrol serta hasil angket respon siswa dan hasil
wawancara.
Berdasarkan
hasil independent sample t-test yang
telah dilakukan pada kelas eksperimen dengan menggunakan software SPSS 22 for windows ,
diperoleh nilai thitung = 2,481 dan ttabel 1,669, sehingga
ttabel = 2,481
> thitung = 1,669..
Karena ttabel >
thitung maka Ho di
tolak dan Ha diterima. Berdasarkan perhitungan tersebut, dapat diketahui bahwa
metode pembelajaran PPL memiliki
pengaruh terhadap kemampuan membaca kosakata bahasa Jepang siswa kelas XI IPA 1 SMAN 1 Papar
Kediri . Sedangkan
untuk nilai rata-rata angket respon pada aspek motivasi siswa sebesar 95,31%
dengan kriteria sangat kuat, dan pada aspek proses pembelajaran sebesar 89,84%
dengan kriteria sangat kuat. Hasil angket siswa ini selaras dengan ha[sil
wawancara yang menyatakan bahwa siswa lebih semangat dan aktif ketika
menggunakan metode pembelajaran PPL sehingga dapat disimpulkan bahwa metode
pembelajaran PPL positif sehingga cocok digunakan dalam pembelajaran.