ABSTRAK
PENGGUNAAN MEDIA HANPINGLITE
DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN
BAHASA MANDARIN PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 TUBAN
TAHUN AJARAN 2018/2019
Nama Mahasiswa : Rizkya Fadhilatin Nisya
NIM : 14020774019
Jurusan : Pendidikan Bahasa dan Sastra Mandarin
Fakultas : Bahasa dan Seni
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Prof. Dr. Subandi. S.Pd,M.A
Tahun : 2018
Kata Kunci : Membaca Pemahaman, media Hanpinglite
Secara garis besar terdapat dua aspek penting dalam membaca yaitu keterampilan yang bersifat mekanis dan keterampilan yang bersifat pemahaman. Membaca pemahaman adalah membaca bahan bacaan dengan menangkap pokok-pokok pikiran yang lebih tajam dan dalam, sehingga terasa ada kepuasan tersendiri setelah bahan bacaan itu dibaca sampai selesai. Maka dari itu supaya pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan tidak membosankan dibutuhkan media dalam mengajar, Salah satu media yang dapat digunakan adalah media Hanpinglite yang dapat digunakan dengan mudah dalam pembelajaran.
Tujuan dari penelitian ini adalah Mendeskripsikan proses pembelajaran penggunaan media HanpingLite dalam pembelajaran membaca pemahaman bahasa Mandarin, mendeskripsikan pengaruh penggunaan media HanpingLite terhadap kemampuan membaca pemahaman bahasa Mandarin, dan mendeskripsikan respon siswa terhadap penggunaan media HanpingLite dalam kemampuan membaca pemahaman bahasa Mandarin pada siswa kelas X SMK Negeri 2 Tuban tahun ajaran 2018/2019.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan metode kuantitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian ini berlangsung empat kali pertemuan. Dua kali di kelas kontrol dengan hanya berceramah dan dua kali di kelas eksperimen dengan menggunakan media hanpinglite.
Hasil penelitan sebagai berikut, (1) Hasil observasi guru pada pertemuan pertama berjumlah nilai dengan total 48 dan persentase nya 86%. Dalam persentasenya dengan hasil 86% artinya berjalan dengan sangat baik (81-100%). Hasil observasi guru pada pertemuan kedua berjumlah nilai dengan total 50 dan persentasenya 89%. Dalam persentasenya dengan hasil 89% artinya berjalan dengan sangat baik (81-100%). Sedangkan hasil data dari observasi aktifitas siswa pertemuan pertama berjumlah nilai dengan total 19 dengan persentase 79% yang artinya kegiatan tersebut berjalan dengan baik (61-80%). Hasil data dari observasi aktifitas siswa pertemuan kedua berjumlah nilai dengan total 20 dengan persentase 83% yang artinya kegiatan tersebut berjalan dengan sangat baik (81-100%). (2) Analisis data tabel pretest dan posttest rata-rata mengalami kenaikan dan data t-score adalah 10,43. Diketahui t=10,43 maka t-signifikansi berarti penggunaan media hanpinglite berpengaruh positif terhadap kemampuan membaca pemahaman bahasa Mandarin. (3) Analisis data dari tabel angket respon siswa terdapat 10 pertanyaan. persentase jawaban angket respon siswa pada pertanyaan “Media Hanpinglite sudah sesuai dengan materi ajar yang diberikan oleh guru”, pada tabel 4.9 adalah jumlah respon butir 9 dari 35 siswa kelas eksperimen, hal ini menunjukkan bahwa media hanpinglite sudah sesuai dengan materi yang diberikan oleh guru.
ABSTRACT
USE OF HANPINGLITE MEDIA
IN LEARNING UNDERSTANDING
MANDARIN LANGUAGE IN CLASS X STUDENTS OF
SMK NEGERI 2 TUBAN
Student Name : Rizkya Fadhilatin Nisya
Study Program : Chinese Language Education
Department : Chinese Language and Literature
Institution Name : Surabaya State University
Supervisor : Prof. Dr. Subandi. S.pd, M.A
Year : 2018
Keywords: Reading Understanding, Hanpinglite media
Language skills are four aspects, namely listening, speaking, reading and writing skills. With these four language skills, the most important role is reading skills. Broadly speaking, there are two important aspects in reading, namely mechanical skills and understanding skills. Reading comprehension is reading reading material by capturing sharper and deeper points of the mind, so that there feels a certain satisfaction after the reading material is finished. So that learning can run well and not boring, the media in teaching is needed. One of the media that can be used is Hanpinglite media that can be used easily in learning.
The purpose of this study was to describe the learning process of using HanpingLite media in learning to read comprehension of Mandarin in class X of Tuban State Vocational High School 2 2018/2019 school year, describing the effect of using HanpingLite media on reading comprehension in Mandarin in class X SMK 2 Tuban 2018/2019 school year, describes the response of students to the use of HanpingLite media in the ability to read Mandarin comprehension in class X SMK Negeri 2 Tuban academic year 2018/2019
This research is an experimental study using quantitative methods that are descriptive. This study took place four times. Twice in the control class by only lecturing and twice in the experimental class using hanpinglite media.
The results of the research are as follows: (1) The results of the teacher's observation at the first meeting amount to a total of 48 and the percentage is 86%. In the percentage with a result of 86% it means walking very well (81-100%). The results of teacher observation at the second meeting amounted to a total of 50 and the percentage was 89%. In the percentage with a result of 89% it means running very well (81-100%). While the results of the data from the student activity observation the first meeting amounted to a total value of 19 with a percentage of 79% which means that the activity went well (61-80%). The results of the data from the observation of student activities the second meeting amounted to a value of a total of 20 with a percentage of 83% which means that the activity went very well (81-100%). (2) Analysis of the average table of pretest and posttest data increases and the t-score data is 10.43. It is known that t = 10.43 then t-significance means that the use of hanpinglite media has a positive effect on the ability to read Chinese comprehension. (3) Analysis of data from the student response questionnaire table has 10 questions. the percentage of answers to student response questionnaire on the question "Media Hanpinglite is in accordance with the teaching material provided by the teacher", in table 4.9 is the number of responses in 9 out of 35 experimental class students, this shows that the Hanpinglite media is in accordance with the material provided by the teacher.