Relasi gender merupakan pola hubugan antara laki-laki dan perempuan. Pola hubungan antara laki-laki dan perempuan menggambarkan relasi kuasa yang hierarkis, yang menempatkan salah satu pihak pada posisi dominan dan pihak lain berada pada posisi subordinat. Penggambaran relasi kuasa antara laki-laki dan perempuan ternyata terjadi dalam lingkup organisasi. Dikotomi terhadap peran laki-laki dan perempuan masih sering dijumpai. Konstruksi laki-laki sebagai ketua dan perempuan ditempatkan pada peran feminis (sekretaris dan bendahara) menggambarkan bahwa perspektif masyarakat terhadap kesetaraan relasi gender masih cenderung patriaki. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengungkap gambaran relasi gender dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) MAN 5 Kabupaten Kediri, dan (2) Mengungkap faktor apa yang mempengaruhi terbentuknya konstruksi warga sekolah terkait relasi gender dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) MAN 5 Kabupaten Kediri. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Teknik wawancara mendalam digunakan untuk mengetahui konstruksi informan mengenai relasi gender dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). Teknik observasi partisipan digunakan untuk memperoleh data kualitatif tentang pelaksanaan relasi gender pada setiap kegiatan yang dilakukan oleh OSIS. Teknik dokumentasi sebagai pelengkap dari penggunaan observasi dan wawancara yang telah dilakukan sebelumnya karena dapat memberikan kebenaran atas fakta yang telah diketahui sebelumnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konstruksi warga sekolah tentang relasi gender dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) secara umum sudah mengarah menuju egalitarian, meskipun terdapat guru agama yang cenderung patriarki. Faktor yang mempengaruhi konstruksi warga sekolah yakni (1) Pengaruh sosial budaya (2) Kultur sekolah (3) Pengaruh lingkungan keluarga.
Kata Kunci: Relasi Gender, OSIS, Konstruksi Warga Sekolah.
Gender relations are a pattern of relationships between men and women. The pattern of relations between men and women illustrates hierarchical power relations which places one party in a dominant position. The description of the power relations betweenmen and women turned out to occur within the scope of the organization. However, the dichotomy of men and women roles are still common. The construction of men as leader and women in feminist roles (secretary and treasurer) illustrates that people’s perspectives on gender equality relations tend to be patriarchal. Further more, the purpose of this study are to reveal the situation of gender relations in the student council of MAN 5 Kediri District, and to reveal the factors that influence the formation of school construction member related to gender relations in the Student Council of MAN 5 Kediri District. And then, this study used qualitative descriptive method. Mata was collected by in-depth interview technique, participants observation and documentation. In-depth interview technique was used to determine the construction of informants regarding gender relations in Student Council. The participants observation technique to obtain qualitative datas dealing with the implementation of gender relations in each activity carried out by the Student Council. Documentation technique is a complement beside observation and interview that have been done to provide the truth of facts that have been known before. Thus, the results of the study show that the construction of school members about gender relations in Student Council generally it has been lead into egalitarian, though there are religion teachers who prefer into patriarchy. Some factors that influence the construction of school are (1) the influence of socio-culture (2) school culture (3) the influence of the family environment.
Keywords: Gender relation, Student Council, School constractions