Pembelajaran Seni Tari Masa Pandemi Menggunakan Video Tutorial Di Sanggar Bhagaskara Mojokerto
Pembelajaran daring dirancang sedemikian rupa untuk mengatasi ruang dan waktu, dikarenakan jarak antara guru dan murid. Salah satu sanggar tari yang mendukung pembelajaran daring adalah Sanggar Bhagaskara yang menggunakan media pembelajaran video tutorial. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan pembelajaran seni tari dengan menggunakan video tutorial di Sanggar Bhagaskara, serta menganalisis hasil dan efektivitas dari pembelajaran seni tari menggunakan video tutorial. Dalam penelitian ini akan dikaji menggunakan teori belajar bloom. Teori belajar Bloom adalah teori belajar yang membahas unsur dalam jiwa manusia yaitu kognitif, afektif dan psikomotor. Dengan mengambangkan taksonomi belajar, teori belajar Bloom adalah taksonomi yang paling banyak dipakai dalam dunia pendidikan saat ini. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan, lalu keabsahan data menggunakan wawancara triangulasi. Setelah itu dapat ditarik sebuah hasil bahwa penciptaan video tutorial sebagai media pembelajaran diperlukan kreatifitas mandiri, bahasa yang mudah dicerna serta detail pengarahan yang jelas serta evaluasi. Diantara itu juga hal yang penting adalah pengkondisian kelas. Pada Sanggar Bhagaskara berhasil menerapkan hal tersebut setelah melakukan evaluasi pembelajaran tari pada media pembelajarannya
Online learning is designed in such a way as to overcome space and time, due to the distance between teachers and students. One of the dance studios that supports online learning is Sanggar Bhagaskara which uses video tutorial learning media. The purpose of the study was to describe learning dance using video tutorials at Sanggar Bhagaskara, and to analyze the results and effectiveness of learning dance using video tutorials. In this study, it will be studied using Blooms learning theory. Blooms learning theory is a learning theory that discusses the elements in the human psyche, namely cognitive, affective and psychomotor. By developing a learning taxonomy, Blooms learning theory is the most widely used taxonomy in education today. Data collection techniques using observation, interviews and documentation. Data analysis techniques in this study are data reduction, data presentation and conclusions, then the validity of the data using triangulation interviews. After that, a result can be drawn that the creation of video tutorials as learning media requires independent creativity, easy-to-digest language and clear detailed instructions and evaluations. One of the important things is the conditioning of the class. At Sanggar Bhagaskara successfully implemented this after evaluating dance learning on the learning media.