Pengembangan Metode Berlatih Solfegio-Sight Reading (SSR) Materi Teknik Vokal pada Paduan Suara
Development of a Solfegio-Sight Reading (SSR) Practice Method for Vocal Technique Material in Choirs
Kegiatan ekstrakurikuler paduan suara yang hanya terpacu pada pelatih sehingga pelaksanaan Latihan kurang efektif, peserta paduan suara kurang berlatih secara mandiri, pengetahuan dan keterampilan teiknik vokal paduan suara peserta kurang optimal. Maka dari itu, perlunya Metode Berlatih yang dapat menstimulasi peserta berlatih secara mandiri, pelaksanaan latihan dapat terlaksana dengan efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi keefektifan metode berlatih Solfegio-Sight Reading (SSR) dalam pembelajaran teknik vokal pada paduan suara di SMAN 2 Jombang. Metode berlatih SSR menggabungkan latihan solfegio dan sight reading untuk meningkatkan keterampilan vokal peserta didik. Penelitian ini melibatkan uji validasi oleh empat validator ahli dan penilaian dari peserta paduan suara. Hasil penelitian menunjukkan persentase 78%, yang dikategorikan efektif, sedangkan respon peserta didik mencapai 95%, yang dikategorikan sangat baik. Temuan ini menunjukkan bahwa metode SSR tidak hanya iii memenuhi standar profesional tetapi juga sangat diterima dan efektif dalam meningkatkan kemampuan vokal peserta paduan suara. Saran dari penelitian ini mencakup pengembangan lebih lanjut metode SSR berbasis elektronik untuk memudahkan akses, mentoring, dan penilaian, guna meningkatkan efisiensi dan efektivitas kegiatan berlatih paduan suara. Kata Kunci: Pengembangan, Metode Berlatih Solfegio-Sight Reading, Materi Teknik Vokal, Paduan Suara.
Choir extracurricular activities are only focused on the trainer so that the implementation of the training is less effective, the choir participants do not practice independently, the knowledge & skills of the choir participants' vocal techniques are less than optimal. Therefore, there is a need for a practice method that can stimulate participants to practice independently, so that the practice can be carried out effectively and efficiently. This research aims to develop and evaluate the effectiveness of the Solfegio-Sight Reading (SSR) practice method in learning vocal techniques in choirs at SMAN 2 Jombang. The SSR practice method combines solfegio and sight reading exercises to improve students' vocal skills. This research involved validation tests by four expert validators and assessments from students. The validation results show a percentage of 78%, which is categorized as effective, while student responses reached 95%, which is categorized as very good. These findings indicate that the SSR method not only meets professional standards but is also highly acceptable and effective in improving students' vocal abilities. Suggestions from this research include further development of electronicbased SSR methods to facilitate access, mentoring and assessment, in order to increase the efficiency and effectiveness of choir practice activities. Keywords: Development, Solfegio-Sight Reading Practice Method, Vocal Technique Material, Choir