Penerapan Evaluasi Context Input Process Product (CIPP) untuk Mengetahui Kualitas Pelaksanaan PKL Siswa SMKN 2 Bojonegoro
Implementation of Context Input Process Product (CIPP) Evaluation to Determine the Quality of PKL Implementation for SMKN 2 Bojonegoro Students
Fitria, Afiea Nur. 2025. “Penerapan Evaluasi Context Input Process Product (CIPP) untuk Mengetahui Kualitas Pelaksanaan PKL Siswa SMKN 2 Bojonegoro”. Tesis. Program Studi S2 Pendidikan Teknologi dan Kejuruan.Sekolah Pasca Sarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing : (1) Prof. Dr. Suparji, S.Pd., M.Pd., (2) Dr. Rina Harimurti, S.Pd., M.T.
Praktik Kerja Lapangan (PKL) adalah mata pelajaran yang merupakan wahana pembelajaran di dunia kerja. Mata pelajaran PKL dirancang dalam struktur kurikulum SMK untuk dilaksanakan pada kelas XII (Program 3 Tahun) dan kelas XIII (Program 4 Tahun) dengan pertimbangan peserta didik telah memiliki dasar-dasar kemampuan kerja yang cukup. PKL dilaksanakan secara blok sesuai dengan ketersediaan sumber daya dan kebutuhan penguasaan kompetensi. Pelaksanaannya antara lain dapat menggunakan sistem pelatihan berotasi dalam 1 dan/atau beberapa mitra dunia kerja. Dari proses pembelajaran itulah, maka dibutuhkan evaluasi untuk mengetahui keberhasilan dalam proses pembelajaran. Salah satu evaluasi program yang cocok untuk mengevaluasi pelaksanaan PKL adalah model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product) dengan sasaran evaluasi yang diteliti yaitu konteks, masukan, proses dan produk.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan pengumpulan data melalui angket, soal kognitif, dan analisis kuesioner. Analisis Deskriptif berfungsi untuk memberi gambaran terhadap objek yang diteliti melalui data sampel atau populasi sebagaimana adanya, tanpa melakukan analisis dan membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum. Analisis Deskriptif untuk mendeskripsikan data hasil evaluasi konteks, masukan, proses dan produk.
Hasil analisis deskriptif evaluasi pelaksanaan PKL adalah (1) konteks, kategori baik; (2) masukan, kategori sangat baik; (3) proses kategori sangat baik (4) produk kategori sangat baik. Dengan demikian perlu adanya peningkatan untuk mempertahankan kualitas program PKL dari masa ke masa. Penelitian ini memberikan rekomendasi bagi pihak sekolah dan mitra Industri untuk meningkatkan koordinasi, infrastruktur, serta pembekalan siswa guna mendukung pelaksanaan PKL yang lebih optimal. Temuan ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam pengembangan program PKL pada masa mendatang.
Kata Kunci : Evaluasi Program, CIPP, SMK, Industri, PKL
Fitria, Afiea Nur. 2025. “Implementation of Context Input Process Product (CIPP) Evaluation to Determine the Quality of PKL Implementation for SMKN 2 Bojonegoro Students." Thesis. Postgraduate School Technology and Vocational Education Masters study program..Surabaya State University. Advisors: (1) Prof. Dr. Suparji, S.Pd., M.Pd., (2) Dr. Rina Harimurti, S.Pd., M.T.
Field Work Practices (PKL) are subjects that are a vehicle for learning in the world of work. The PKL subject is designed in the vocational school curriculum structure to be implemented in class XII (3 Year Program) and class XIII (4 Year Program) with the consideration that students already have sufficient basic work abilities. PKL is carried out in blocks according to the availability of resources and the need for competency mastery. The implementation can, among other things, use a rotating training system in 1 and/or several partners in the world of work. From the learning process, evaluation is needed to determine success in the learning process. One program evaluation that is suitable for evaluating the implementation of PKL is the CIPP (Context, Input, Process, Product) evaluation model with the evaluation targets studied namely context, input, process and product.
This research uses a quantitative descriptive approach by collecting data through questionnaires, cognitive questions, and questionnaire analysis. Descriptive Analysis functions to provide an overview of the object being studied through sample or population data as it is, without carrying out analysis and making conclusions that apply to the general public. Descriptive Analysis to describe data resulting from context, input, process and product evaluation.
The results of the descriptive analysis of the evaluation of PKL implementation are (1) context, good category; (2) input, very good category; (3) very good category process (4) very good category product. Thus, improvements are needed to maintain the quality of the street vendor program from time to time. This research provides recommendations for schools and Industrial partners to improve coordination, infrastructure and student provision to support more optimal implementation of PKL. It is hoped that these findings can become a reference in developing street vendor programs in the future.
Keywords: Program Evaluation, CIPP, SMK, Industry, PKL