Perancangan Desain Kemasan Produk Aksesoris Jawagis
Jawagis Accessories Product Packaging Design Kemasan
Desain sangat berperan penting dalam suatu produk. Persaingan yang sangat ketat di dunia bisnis atau usaha dapat menjadi ancaman bagi para wirausaha kecil yang sedang merintis. Untuk itu perlu adanya pembeda untuk setiap produk yang dihasilkan terutama pada desain kemasan yang dapat meningkat dan mendukung penjualan suatu produk. Penelitian ini bertujuan untuk merancang desain kemasan pada produk aksesoris Jawagis ( Jawa dan Bugis ) produk yang dimiliki oleh salah satu wirausaha domisili Surabaya bernama Ibu Ummi. Desain kemasan ini dirancang untuk menarik perhatian konsumen dengan desain yang modern dan mewah yang diharapkan akan meningkatkan penjualan produk Jawagis yang sebelumnya belum mempunyai kemasan. Metode perancangan dalam penelitian ini meliputi data verbal dan visual. Berdasarkan hasil analisis SWOT produk aksesoris Jawagis ini memiliki peluang yang cukup besar karena keunikan produknya. Dengan adanya desain kemasan diharapkan dapat memberikan keseimbangan antara produk dan kemasan. Perancangan ini juga menghasikan desain visual diantaranya desain logo produk, kerangka/structural kemasan, desain kemasan, media pendukung yang berupa sosial media instagram dan kartu nama. Kata Kunci: Perancangan, Kemasan, Logo, Produk, Surabaya
Design plays an important role in a product. Very tight competition in the business or business world can be a threat to small entrepreneurs who are starting out. For this reason, it is necessary to have a differentiator for each product produced, especially in packaging design that can increase and support the sale of a product. This study aims to design a packaging design for Jawagis accessories products (Javanese and Bugis). A product owned by an entrepreneur domiciled in Surabaya, Mrs. Ummi. This packaging design is designed to attract the attention of consumers with a modern and luxurious design which is expected to increase sales of Jawagis products that previously did not have packaging. Design methods in this study include verbal and visual data. Based on the results of the SWOT analysis, this Jawagis accessories product has a large enough opportunity because of the uniqueness of its product. With the packaging design, it is hoped that it can provide a balance between product and packaging. This design also produces visual designs including product logo designs, packaging frameworks/structurals, packaging designs, supporting media in the form of social media Instagram and business cards. Keywords: Design, Packaging, Logo, Product, Surabaya