Bibliometric Analysis of Socio Scientific Issues in Physics (2019-2020)
Socio-Scientific Issues (SSI) adalah isu-isu kontroversial kontemporer yang timbul akibat dari kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi Dalam mengimplementasikan Socio scientific issue sebagai konteks pembelajaran, diperlukan studi literatur yang menyelidiki pemilihan masalah socio scientific issues. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perkembangan penelitian Socio Scientific Issues dan pengaruhnya dalam pembelajaran sains. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan analisis bibliometrik. Data di ambil dengan menggunakan Publish or Persih dengan google scholar sebagai database. Setelah itu dilakukan pemetaan data dengan menggunakan software VOS Viewer. Dari hasil pemetaan dapat diketahui bahwa implementasi socio scientific issue sebagai konteks pembelajaran sains berdampak kepada kemampuan argumentasi, pemahaman, penalaran dan penyelidikan. Hasil ini juga menujukkan bahwa penelitian socio scientific issue dalam pembelajaran mengalami perkembangan dan cukup menjadi tren penelitian di tahun 2020-2021.
Kata Kunci: Socio scientific Issues, Bibliometrik, VOS Viewer, Google Schoolar
Socio-Scientific Issues (SSI) is a controversial topic that arises from advances in science and technology (IPTEK). In implementing Socio scientific issue as a learning context, it is necessary to study literature for investigating the selection of social-scientific issues. The aim of this research was to analyze the implementation of SSI in physics learning in terms of the distribution of bibliometric. Data was taken from Publish or Perish, sourced from Google Scholar with “Socio scientific issues in physics” as the keyword in 2019-2020. The data was mapping using VOS Viewer software. This research obtained on May 4, 2021, using bibliometric analysis as much as 982 data. Thus, from these results, we can be concluded that the most significant association with using socio-scientific issues as a context for science learning is the ability of argumentation, understanding, reasoning, scientific knowledge, scientific literacy and investigation. In addition, from this study, the SSI contextual learning model, learning inquiry model with a decision making, was the most widely used. The physics material taught is related to the nature of science and climate change.