The Quality of Arguments Made by EFL University Students in Their Conceptual Papers
Penulisan argumentatif sering digambarkan sebagai hal yang sangat kompleks dan memberikan kesulitan besar bagi pelajar Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing. Ini dibuktikan dengan penelitian yang menyatakan bahwa mahasiswa Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing tidak dapat mengembangkan elemen argumen dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan kualitas argumen yang ditulis oleh mahasiswa Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing di dalam artikel konseptual mereka, dengan menilai aspek elemen dan kualitas argumen. Penelitian dengan metode analisis konten kualitatif digunakan untuk menjawab dua rumusan masalah dalam penelitian ini. Terdapat 14 artikel konseptual dengan 44 argumen yang didapatkan melalui dokumentasi, dan dipilih berdasarkan beberapa kriteria. Argumen tersebut dianalisis dan dinilai berdasarkan kriteria penilaian kualitas argumen, yakni RSA Triangle. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar argumen merupakan argumen yang lemah, disertai dengan alasan dan bukti yang tidak relevan, tidak logis, dan lemah. Sebagian besar mahasiswa yang berpartisipasi dalam penelitian ini juga gagal memuat keenam elemen argumentasi. Namun, dalam hal struktur, mayoritas argumen disusun dengan organisasi yang baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa struktur elemen argumen yang bagus tidak dapat menjamin memiliki kualitas argumen yang baik pula, begitupun sebaliknya.
Kata Kunci: argumentasi, kualitas argumen, artikel konseptual, pembelajaran Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing, keterampilan menulis
Argumentative writing is often described as a highly complex task that places enormous difficulty for EFL students in which they are mostly still unable to develop well-constructed arguments’ elements. The purpose of this study is to describe the quality of arguments in EFL university students’ conceptual papers, by assessing the surface and substance structure of argumentation. Qualitative content analysis is employed to answer the research questions. There are 14 conceptual papers with 44 arguments were collected through documentation, and was chosen based on some criteria. The arguments were then analyzed and assessed based on the argument quality assessment framework using RSA Triangle. The findings show that most arguments are unsound with irrelevant, not acceptable, and weak supports. Most university EFL students participating in this study also failed to include all six elements of argumentation. However, in terms of the surface structure, the majority of arguments are in a well-organized manner. In sum, the findings in the present study demonstrate that good surface structure of argument cannot necessarily guarantee well-thought-out substance aspect of argument, and vice versa.
Keywords: argumentation, quality of argument, conceptual paper, English as Foreign Language learning, writing skill