STRATEGI PEMBELAJARAN TUTOR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PAKET C PADA PROGRAM PEMBELAJARAN KOMUNITAS DI PKBM KAK SETO SURABAYA
TUTOR LEARNING STRATEGIES IN IMPROVING
LEARNING MOTIVATION OF PACKAGE C STUDENTS IN THE COMMUNITY LEARNING PROGRAM AT CLC KAK SETO SURABAYA
Nama : Mohammad Luqman Suudy
NIM : 19010034024
Jurusan : Pendidikan Luar Sekolah
Fakultas : Fakultas Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Dr. Soedjarwo, M.S
Pendidikan kesetaraan diselenggarakan dengan disesuaikan kebutuhan peserta didik atau masyarakat dan di fokuskan pada kecakapan hidup atau life skill untuk dapat meningkatkan taraf hidup masing-masing. Tutor disini memegang peranan penting dalam pendidikan non formal, dengan tutor menyediakan bahan ajar yang dibutuhkan agar dapat mencapai tujuan pembelajaran yang sudah di rencanakan. Hal ini bertujuan untuk membantu peserta didik untuk memahami isi pembelajaran dan bisa di terapkan dalam kehidupan sehari-hari, tutor juga diharapkan dapat melaksanakan pengajaran secara efektif, baik, dan bermakna pada setiap pembelajarannya. Memberikan pengajaran yang baik akan mewujudkan kenyamanan kepada peserta didik, memberikan pengajaran yang efektif juga dapat meyakinkan peserta didik dan akan memperkuat ingatan kepada peserta didik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek pada penelitian ini yaitu kepala tutor, tutor paket C, dan peserta didik paket C program komunitas di PKBM Kak Seto Surabaya. Pengumpulan data yang digunakan yakni menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Setelah itu di uji nilai kebebenarannya dengan metode kredibilitas, dependabilitas, konfirmabilitas dan transferbilitas.
Hasil dari penelitian ini adalah motivasi peserta didik pembelajaran komunitas paket C meningkat, terbukti setelah dilakukan strategi pembelajaran oleh tutor, peserta didik lebih cepat dalam memahami materi pelajaran. Faktor pendukung dalam penelitian ini adalah sarana dan prasarana yang layak dan memadahi serta tutor yang berkompeten dalam bidangnya. Faktor penghambatnya adalah kurangnya literasi peserta didik dalam menggali materi yang akan dipelajari.
Kata kunci : Strategi Pembelajaran, Tutor, Komunitas, motivasi belajar, PKBM
ABSTRACT
Name : Mohammad Luqman Suudy
Study Program : S-1
Major : Non-Formal Education
Name Of Instution : State University of Surabaya
Advisor : Dr. Soedjarwo, M.S
Equality education is organized according to the needs of students or the community and is focused on life skills or life skills to be able to improve their respective living standards. Tutors here play an important role in non-formal education, with tutors providing the teaching materials needed in order to achieve the planned learning objectives. This aims to help students to understand the content of learning and can be applied in everyday life, tutors are also expected to carry out effective, good, and meaningful teaching in each lesson. Providing good teaching will create comfort to learners, providing effective teaching can also convince learners and will strengthen memory to learners.
This research uses a qualitative approach. The subjects in this study were the head tutor, package C tutors, and package C community program students at the Community Learning Center Kak Seto Surabaya. Data collection used is using interviews, observation and documentation. The techniques used in data analysis are data condensation, data presentation, and conclusion drawing. After that, the truth value is tested using the methods of credibility, dependability, confirmability and transferability.
The result of this research is that the motivation of package C community learning students increases, it is proven that after the learning strategy is carried out by tutors, students are faster in understanding the subject matter. Supporting factors in this study are appropriate and adequate facilities and infrastructure as well as tutors who are competent in their fields. The inhibiting factor is the lack of literacy of students in exploring the material to be studied.
Keywords: Learning Strategy, Tutors, Community, and learning motivation, CLC