SELF-EFFICACY IN RELATION TO STUDENTS’ READING COMPREHENSION
Di era globalisasi ini, siswa harus memiliki kemampuan untuk membaca karena membaca adalah kunci untuk kesuksesan siswa dalam belajar. Membaca telah menjadi kemampuan bahasa yang harus diperoleh siswa untuk mendukung belajar mereka. Membaca sedikit sulit untuk beberapa siswa karena itu membutuhkan konsentrasi dan lingkungan yang mendukung. Kini, siswa hanya membaca untuk menemukan informasi tertentu dan menghiraukan informasi yang lain. Banyak faktor yang berbeda mempengaruhi siswa dalam membaca, seperti self-efficacy siswa, sebuah kepercayaan bahwa orang-orang dapat mengerjakan beberapa tugas dalam tingkatan pengetahuan dan kemampuan yang berbeda. Self-efficacy dianggap sebagai peran penting dalam prestasi akademik dan pemahaman membaca siswa. Oleh karena itu, artikel ini akan meninjau tentang hubungan self-efficacy dan pemahaman membaca siswa.
In this globalization era, students must have the ability to read because reading is the key to student success in learning. Reading has become the language skills to be acquired by the students to support their learning. Reading is quite hard to do for some students because it needs concentration and a supporting environment. Nowadays, students only read to find specific information and ignore the other information. Many different factors are influencing students in reading, such as students’ self-efficacy, the belief that people can do some tasks at different levels of knowledge and skills. It takes main roles in the academic achievement and reading comprehension of the students. Thus, this article will review the correlation of self-efficacy and students’ reading comprehension.