ANALISIS TATA RUANG KANTOR DI SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN PONOROGO (Studi Kasus Pada Bagian Tata Usaha Umum)
Salah satu dari tiga fungsi utama birokrasi pemerintahan secara teoritik adalah pelayanan. Pelayanan publik salah satu dasar utama dalam menyelenggarakan pemerintahan. Kantor sebagai salah satu tempat sarana dalam pelayanan publik yang memiliki peranan sangat penting dalam mendukung setiap kegiatan organisasi untuk mencapai tujuan. Bagian Tata Usaha Umum merupakan salah satu unit kerja di Sekretariat Daerah Kabupaten Ponorogo sebagai bagian yang bertugas dalam pelayanan administratif baik intansi pemerintah dan Masyarakat umum, tentu tata ruang pada Bagian Tata Usaha Umum ini layak diteliti dalam rangka kegiatan instansi pelayanan publik. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menganalisis Tata Ruang Kantor di Sekretariat Daerah Kabupaten Ponorogo (Studi Kasus di Bagian Tata Usaha Umum).
Jenis penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini berdasarkan kerangka berpikir dalam kajian Pustaka yaitu bentuk, asas-asas tata ruang kantor, dan faktor tata ruang kantor menurut (Nuraida,2014). Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan melakukan pengumpulan data, reduksi data, data display dan penarikan Kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan (1) bentuk tata ruang kantor menggunakan tata ruang kantor terbuka, tetapi bentuk tata ruang ini belum ideal, terdapat tembok ditengah ruangan terkesan sempit dan ruangan Kepala Bagian Umum letak ruangan terpisah dengan jarak yang cukup jauh, (2) asas tata ruang kantor yaitu Asas jarak terpendek, asas rangakaian kerja, asas pemanfaatan seluruh ruangan, asas perubahan susunan belum sesuai dengan penerapan asas tata ruang tersebut, salah satunya penataan peralatan kantor yang belum optimal, asas kemanan dan kepuasan kerja sudah diterapkan dengan baik, (3) faktor tata ruang kantor meliputi cahaya, warna, udara dan suara belum di terapkan dengan baik, faktor tersebut dapat dilihat suara bising dari luar ruangan dan faktor udara terkait kualitas pendingin ruangan atau Air Conditioner yang masih kurang optimal dalam tata ruang kantor, terkait faktor musik sudah diterapkan dengan baik dapat meningkatkan semangat pegawai dalam bekerja.
Kata Kunci: Tata Ruang, Sekretariat Daerah, Kabupaten Ponorogo
One of the three main functions of the government bureaucracy is theoretically service. Public service is one of the main bases in organizing government. The office as one of the facilities in public services has a very important role in supporting every organizational activity to achieve goals. The General Administration Section is one of the work units in the Regional Secretariat of Ponorogo Regency as a part that is in charge of administrative services for both government agencies and the general public, of course the spatial layout in the General Administration Section deserves to be researched in the context of the activities of public service agencies. The purpose of this study is to analyze the Office Spatial Planning in the Regional Secretariat of Ponorogo Regency (Case Study in the General Administration Section).
This type of research is a qualitative descriptive method. The focus of this research is based on the framework of thinking in the study of literature, namely the form, principles of office layout, and factors of office space according to (Nuraida, 2014). Data collection uses interview, observation, and documentation techniques. The data analysis technique in this study is by collecting data, reducing data, displaying data and drawing conclusions.
The results of the study show that (1) the form of office layout uses open office layout, but this form of spatial layout is not ideal, there is a wall in the middle of the room that seems narrow and the room of the Head of the General Section is located in a separate room with a considerable distance, (2) the principle of office space layout is the principle of the shortest distance, the principle of work network, the principle of utilization of the entire room, the principle of changing the arrangement is not in accordance with the application of the principle of spatial planning, One of them is the arrangement of office equipment that is not optimal, the principles of safety and job satisfaction have been implemented properly, (3) office spatial factors including light, color, air and sound have not been properly implemented, these factors can be seen noise from outside the room and air factors related to the quality of air conditioning or air conditioner which is still not optimal in office space planning, related to the factor that music has been well implemented can increase employee enthusiasm at work.
Keywords: Spatial Planning, Regional Secretariat, Ponorogo Regency