PENGELOLAAN SARANA DAN PRASARANA DALAM MENUNJANG MUTU PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK DI MASA PANDEMI COVID-19
MANAGEMENT OF FACILITIES AND INFRASTRUCTURE IN SUPPORTING THE QUALITY OF STUDENTS
LEARNING IN THE COVID-19 PANDEMIC
Penulisan artikel bertujuan untuk menganalisis pengelolaan sarana dan prasarana dalam menunjang mutu pembelajaran peserta didik di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan menggunakan metode studi literatur yang didalamnya mencakup analisis isi secara mendalam, mengidentifikasi permasalahan dengan mengkaji penelitian terdahulu dari jurnal nasional, jurnal internasional,dan buku yang relevan dengan topik penelitian nantinya akan menghasilkan suatu kebaruan. Hasil dari penulisan artikel ilmiah ini adalah: (1) perencanaan dan pengadaan dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui semua kebutuhan yang diperlukan sekolah dengan mengedepankan protokol kesehatan,(2) pendistribusian kegiatan dilakukan dengan menyeleksi barang sesuai kebutuhan, kemudian barang yang dibeli disalurkan pada tiap ruangan dan kelas masing-masing, (3) inventaris kegiatan ini ada staf yang diberi tugas untuk pencatatan barang yang telah diadakan dan pemberian kode, (4) penggunaan dan pemeliharaan yang dilakukan mengoptimalkan barang yang dimiliki sekolah dan memelihara secara terus menerus agar barang tersebut dapat digunakan dalam jangka waktu lama, (5) penghapusan terlebih dahulu membuat berita acara kepada kepala sekolah.
Kata kunci: Pengelolaan sarana dan prasarana, mutu pembelajaran
Writing articles aims to analyze the management of facilities and infrastructure to support the quality of student learning during the Covid-19 pandemic. This study uses a literature study method which includes in-depth content analysis, identifying problems by reviewing previous research from national journals, international journals, and books relevant to the research topic which will produce novelty. The results of writing this scientific article are: (1) planning and procurement are carried out with the aim of knowing all the needs needed by schools by prioritizing health protocols, (2) distribution of activities carried out by selecting items as needed, then the purchased items are distributed to each room and each class, (3) an inventory of these activities there are staff who are given the task of recording the items that have been held and giving codes, (4) the use and maintenance that is carried out optimizes the items owned by the school and maintains continuously so that these items can be used in a long period of time, (5) the deletion prior to making an official report to the principal.
Keywords: Management of facilities and infrastructure, quality of learning