Strategi pada matematika adalah cara yang digunakan oleh peserta didik dalam menyelesaikan masalah matematika. Peneliti ini bertujuan untuk mendeskripsikan starategi peserta didik dalam pengajuan masalah matematika. Pengajuan masalah pada penelitian ini menggunakan tipe post-solution posing Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan deksriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan suatu keadaan yang mana dapat digunakan untuk melihat strategi peserta didik dalam pengajuan masalah matematika.
Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Kamal pada kelas VII-A. Langkah pertama dalam melakukan strategi pengajuan masalah matematika yaitu peserta didik dapat menyelesaikan masalah (soal) awal terlebih dahulu kemudian peserta didik membuat soal atau mengajukan soal baru dari soal yang telah dikerjakan.
Berdasarkan hasil yang diperoleh, ada 89,29% yang menggunakan strategi tipe replacement, 3,57% yang menggunakan strategi reformulation, dan 7,14% yang menggunakan strategi turning the problem around or reversing the problem. Pada strategi replacement, peserta didik mengubah bilangannya. Kemudian pada strategi reformulation peserta didik mengajukan masalah yang sama dalam jenis yang berbeda tetapi menggunakan pengetahuan tentang konsep atau keterampilan yang sama seperti yang dipersyaratkan dari masalah aslinya. Sedangkan pada strategi turning the problem around or reversing the problem peserta didik mengajukan soal yang berbeda dari soal sebelumnya biasanya soal yang dibuat itu mengambil masalah yang sama tetapi mengambil tujuan akhir sebagai diberikan dan diberikan sebagai tujuan akhir
Diharapkan peserta didik tidak hanya menerima materi saja dari guru, melainkan peserta didik juga berusaha menggali dan mengembangkang sendiri pengetahuanya. Sehingga peserta didik tidak hanya menghasilkan peningkatan pengetahuan tetapi juga meningkatkan keterampilan dalam pengajukan masalah.
Kata Kunci: Strategi, Pengajuan masalah, post-solution posing
Strategy in mathematics is the way used by students in solving mathematical problems. Submission of problems can be used to identify mathematics strategies for students. Submission of problems in this study uses a type of post-solution posing that aims to describe the strategies of students in submitting mathematical questions with the problem posing model of the post solution posing type. The approach used in this study is a qualitative descriptive approach that aims to describe a situation which can be used to see students' strategies in proposing mathematical problems. So that the researcher can obtain detailed information about the subject under study.
This research was conducted at Public Elementary School 1 Kamal in class VII-A. The first step in making a mathematical submission strategy is that students can solve the initial problem first and then the students make a question or submit a new question from the problem that has been done. When students make new questions, there are 6 strategies in proposing mathematical problems, namely replacement, modification, addition, turning the problem around or reversing the problem, contextualizing, and reformulation.
Based on the results obtained, 89.29% students used a replacement strategy, 3.57% students used the reformulation strategy, and 7.14% students used the strategy of turning the problem around or reversing the problem. In the replacement strategy, students change their numbers. Then, in the reformulation strategy students submit the same problem in different types but use the same knowledge of concepts or skills as required from the original problem. Whereas in the strategy of turning the problem around or reversing the problem, students ask questions that are different from the previous questions, usually the questions made take the same problem but take the final goal as given and given as the final goal.
It is expected that students are not only receiving material from the teacher, but also exploring and developing their own knowledge. So that the students can both deepen their knowledge and improve their skills in proposing mathematical problems.
Keywords: strategy, problem submission, post-solution posing