ABSTRAK
TATA RUANG KANTOR DI BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH PROVINSI JAWA TIMUR
(Studi Pada Bidang Pengembangan Aparatur Sipil Negara)
Nama : Kholifahtus Sholikah
NIM : 16040263032
Program Studi : DIII Administrasi Negara
Jurusan : Administrasi Publik
Fakultas : Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Yuni Lestari, S.AP., M.AP.
Penataan tata ruang kantor sangat penting dilakukan, agar memberikan kenyamanan bagi pegawai dalam bekerja. Penataan tata ruang kantor dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan dalam penyediaan tempat, sehingga tujuan dari dilakukannya penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan mengenai bentuk tata ruang kantor, asas-asas tata ruang kantor, dan faktor-faktor yang mempengaruhi lingkungan kantor di Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Timur (Studi Pada Bidang Pengembangan Aparatur Sipil Negara).
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Fokus dalam penelitian ini terkait bentuk tata ruangkantor, asas-asas tata ruang kantor, dan faktor-faktor yang mempengaruhi lingkungan kantor. Teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis yaitu melalui dokumentasi, wawancara, dan observasi. Teknik analisa data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Hasil penelitian dan kesimpulan menggambarkan bahwa bentuk tata ruang kantor pada Bidang Pengembangan Aparatur Sipil Negara menerapkan bentuk gabungan dari tata ruang kantor terbuka dan tata ruang kantor tertutup. Asas jarak terpendek dan asas penggunaan segenap ruangan pada Bidang Pengembangan Aparatur Sipil Negara sudah diterapkan dengan baik. Asas perubahan sususan tempat kerja dilakukan satu kali selama Bidang Pengembangan Aparatur Sipil Negara menempati ruang tersebut pada tahun 2017 dan untuk asas rangkaian kerja belum sepenuhnya dilakukan dengan baik. Faktor-faktor dalam lingkungan kantor telah diterapkan dengan baik, pengaturan cahaya yang sesuai baik cahaya dari matahari maupun dari lampu, penggunaan warna yang tepat, udara yang dirasa cukup sejuk dan ruangan cukup bersih, suara dengan tingkat kebisingan yang rendah, serta pemilihan musik dan waktu pemutaran yang disesuaikan dengan kondisi yang ada.
Saran dalam penulisan Tugas Akhir ini Perlu dilakukannya penataan kembali terhadap meja pegawai agar memiliki jarak yang cukup dan penataan kembali meja pegawai dan meja Kepala Sub Bidang agar berdasarkan rangkaia kerja, untuk ruang arsip lebih baik hanya dijadikan sebagai ruang arsip saja tidak dicampur dengan perabotan-perabotan lain, perlu dilakukan perombakan kembali terkait penempatan pintu, dan perlu dilakukan penganggaran terkait printer yang tidak hanya bisa difungsikan untuk mengeprint tetapi juga bisa difungsikan untuk fotocopy dan scan.
Kata Kunci : Bentuk Ruang Kantor, Asas Ruang Kantor, Faktor Lingkungan Kantor.
ABSTRACT
OFFICE SPATIAL IN THE EMPLOYEE AGENCY OF REGION EAST JAVA PROVINCE
(Study on the Development of State Civil Apparatus)
Name : Kholifahtus Sholikah
Study Program : DIII State Administration
Department : Public Administration
Faculty : Faculty of Social Sciences and Law
Name of Institution : Surabaya State University
Advisor : Yuni Lestari, S.AP., M.AP.
The arrangement of office spatial planning is very important to do, so as to provide comfort for employees at work. The arrangement of office spatial planning is carried out according to the needs and capabilities in the provision of space, so that the purpose of this research is to describe the forms of office spatial planning, office spatial principles, and factors that affect the office environment in the Employee Agency Of Region East Java Province (Study On The Development Of State Civil Apparatus).
This research was conducted using a qualitative descriptive approach. The focus in this study relates to the form of office space, office layout principles, and factors that affect the office environment. Data collection techniques carried out by the author are through documentation, interviews, and observation. Data analysis techniques use data collection, data reduction, data presentation, and conclusion / verification.
The results of the study and conclusions illustrate that the form of office spatial planning in the Field of State Civil Apparatus Development implements a combined form of open office layout and closed office space. The shortest distance principle and principle of using all rooms in the State Civil Apparatus Development Field has been well implemented. The principle of changing the workplace arrangement is done once during the State Civil Apparatus Development that space in 2017 and for the principles of the work series it has not been fully carried out properly. The factors in the office environment have been well implemented, the regulation of light that matches both the light from the sun and from the lights, the use of the right color, the air that feels quite cool and the room is quite clean, sound with low noise levels, and the selection of music and time screenings that are adapted to existing conditions.
Suggestions in writing this Final Project Need to do a rearrangement of the employee desk so that it has sufficient distance and realignment of the employee desk and table of the Sub-Division Head so that based on the work order, for the archive room it is only used as an archive room not mixed with furniture other, need to be reshaped related to the placement of the door, and it is necessary to do budgeting related to the printer that can not only be used to print but can also be used for photocopying and scanning.
Keywords: Form of Office Space, office layout principles, Office Environment Factors.