ABSTRAK
Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Pembelajaran Sentra Bermedia Pompom Cards 1-10 pada Anak Kelompok A TK Al Anwar Sumberrejo Wonoayu Sidoarjo dengan latar belakang dengan hasil observasi maka ditemukan kendala dalam kemampuan anak kelompok A dalam mengenal dan memahami konsep bilangan 1-10 yang masih belum optimal. Hal ini diketahui bahwa terdapat anak yang mengalami kesulitan dalam membedakan jumlah bilangan 6 dan 9 serta jumlah bilangan 2 dan 3 dan terdapat anak yang belum mampu menyebutkan bilangan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pembelajaran sentra bermedia pompom cards terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok A di TK Al Anwar Sumberrejo Wonoayu Sidoarjo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif dengan Jenis Pre – Experimental Design dengan bentuk One Group Pretest – Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini adalah anak kelompok A dengan jumlah 15 anak di TK Al Anwar Sumberrejo Wonoayu Sidoarjo. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi berupa participant observation. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan Statistik Nonparametik dengan uji Wilcoxon Match Pairs Test dengan rumus Thitung < Ttabel dengan menggunakan taraf signifikan 5%.
Berdasarkan hasil perhitungan uji Wilcoxon Match Pairs Test menunjukkan bahwa Thitung < Ttabel yaitu 0 < 25 dengan taraf kesalahan 5% dan n = 15 sehingga berhipotesis adanya pengaruh pembelajaran sentra bermedia pompom cards terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran sentra bermedia pompom cards berpengaruh dalam kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada kelompok A di TK Al Anwar Sumberrejo Wonoayu Sidoarjo.
Kata Kunci : Pembelajaran sentra bermedia pompom cards, konsep bilangan 1-10, anak kelompok A.
ABSTRACT
This research discuss about the Effect of Learning Center with Pompom Cards Media Numbers of Concept Ability 1-10 in Group A TK Al Anwar Sumberrejo Wonoayu Sidoarjo which was motivated by observations, found obstacles in the ability of group A children to recognize and understand the number of concept 1-10 which is still not optimal. It is known that when are children who have difficulty distinguishing between numbers 6 and 9 and number 2 and 3 and there are children who have not been able to mention numbers.
The research aims to determine the presence of the influence of the center learning with pompom cards media on the ability to recognize the number of concept in group A children in TK Al Anwar Sumberrejo Wonoayu Sidoarjo.
This research uses a quantitative approach with Type Pre Experimental Design in the form of One Group Pretest Posttest Design. The samples in this study were group A children with 15 children in TK Al Anwar Sumberrejo Wonoayu Sidoarjo. Data collection techniques are participant observation techniques. The data analysis technique of this study uses Nonparametic Statistics with the Wilcoxon Match Pairs Test with the Calculate formula
Based on the results of the Wilcoxon Test Match Pairs Test, it shows that the count
Keywords: Learning center with pompom cards media, number of concepts 1-10, child group A