STUDI KEPUSTAKAAN PENGARUH MEDIA GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING
LIBRARY STUDY OF THE INFLUENCE OF GOOGLE CLASSROOM MEDIA ON STUDENT LEARNING OUTCOMES IN ONLINE LEARNING
Pembelajaran daring yang ditetapkan saat pemerintah mengambil keputusan karena adanya musibah pandemi virus Covid-19 yang menyerang dunia. Indonesia termasuk salah satu negara yang terkena musibah Covid-19 sehingga menjadikan semua aspek kehidupan menerima dampaknya, salah satunya adalah pendidikan. Banyaknya siswa SMK yang tidak maksimal dalam mengikuti pembelajaran daring sehingga tujuan penelitian ini adalah membuat penelusuran literatur jurnal mengenai pengaruh penggunaan Google Classroom terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran daring. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi kepustakaan. Metode studi kepustakaan merupakan metode pengumpulan data pustaka, membaca, dan mencatat, serta mengolah bahan penelitian. Hasil dari pengumpulan data Pustaka diperoleh 30 E-Journal dan artikel yang sesuai dengan tujuan penelitian. Data E-Journal dan artikel diperoleh dari berbagai situs web diantaranya adalah Google Scholar, jurnalmahasiswa.unesa.ac.id, dan Publish or Perish 8. Analisis dilakukan berdasarkan: 1) Penelitian yang berkaitan dengan Google Classroom, 2) Penelitian Google Classroom yang dilakukan pada jenjang Pendidikan SMK. Hasil yang didapatkan dari kepustakaan E-Journal dan artikel adalah penggunaan Google Classroom pada jenjang Pendidikan SMK efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Pada Google Classroom didukung fitur yang memudahkan guru dalam melakukan pembelajaran dan mengintegrasi penggunaan media interaktif, sehingga hasil belajar siswa dapat langsung dilihat melalui salah satu fitur di Google Classroom sehingga hasil belajar siswa dapat terukur dan tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Kata Kunci: pembelajaran daring, Google Classroom, hasil belajar.
Online learning that was set when the government made a decision due to the Covid-19 virus pandemic that hit the world. Indonesia is one of the countries affected by the Covid-19 disaster so that all aspects of life are affected, one of which is education. The number of vocational students who are not optimal in participating in online learning so that the purpose of this study is to make a search for journal literature regarding the effect of using Google Classroom on student learning outcomes in online learning. The method used in this research is literature study. The library study method is a method of collecting library data, reading, and taking notes, as well as processing research materials. The results of library data collection obtained 30 E-Journals and articles in accordance with the research objectives. E-Journal data and articles were obtained from various websites including Google Scholar, journalmahasiswa.unesa.ac.id, and Publish or Perish 8. The analysis was carried out based on: 1) Research related to Google Classroom, 2) Google Classroom research conducted at the level of vocational education. The results obtained from the E-Journal literature and articles are that the use of Google Classroom at the SMK Education level is effective for improving student learning outcomes. In Google Classroom, features are supported that make it easier for teachers to carry out learning and integrate the use of interactive media, so that student learning outcomes can be directly seen through one of the features in Google Classroom so that student learning outcomes can be measured and learning objectives can be achieved.
Keywords: online learning, Google Classroom, result obtained