TINGKAT RESILIENSI PADA GURU SEJARAH DI MOJOKERTO
LEVEL OF RESILIENCE IN HISTORY TEACHERS IN MOJOKERTO
Resiliensi dalam dunia pendidikan yang menyoroti ketahanan diri siswa dalam mengatasi kesulitan secara akademik. Guru dianggap memiliki peran dalam mendorong siswa untuk menjadi individu resilien. Namun, permasalahan di lapangan menunjukkan bahwa guru juga rentan menemui kesulitan yang berpengaruh pada pembelajaran di kelas, termasuk pembelajaran sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat resiliensi guru dan menganalisis faktor resiliensi. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif eksploratif dengan pendekatan kombinasi. Hasil dari angket menunjukkan bahwa dari 50 guru sejarah, sebanyak 34 guru (68%) telah memiliki tingkat resiliensi sedang, diikuti 7 guru (14%) memiliki tingkat resiliensi tinggi dan 9 guru (18%) memiliki tingkat resiliensi rendah. Faktor yang melatarbelakangi resiliensi guru sejarah adalah regulasi emosi, pengendalian impuls, optimisme, analisis kausal, empati, efikasi diri, dan reaching out. Kemampuan resiliensi guru menentukan cara guru mengajar dan mengontrol kelas. Guru yang memiliki tingkat resiliensi sedang-tinggi lebih mampu menjalin hubungan yang dekat dengan siswa, memotivasi siswa, dan membuat pembelajaran sejarah menjadi menyenangkan.
Resilience in the world of education that highlights students' resilience in overcoming difficulties academically. Teachers are considered to have a role in encouraging students to become resilient individuals. However, problems in the field show that teachers are also vulnerable to difficulties that affect classroom learning, including history learning. This study aims to measure the level of teacher resilience and analyze resilience factors. The type of research used is descriptive, exploratory with a combination approach. The results of the questionnaire showed that out of 50 history teachers, as many as 34 teachers (68%) had a moderate level of resilience, followed by 7 teachers (14%) had a high level of resilience and 9 teachers (18%) had a low level of resilience. The factors behind history teachers' resilience are emotion regulation, impulse control, optimism, causal analysis, empathy, self-efficacy, and reaching out. A teacher's resilience ability determines how teachers teach and control the classroom. Teachers who have medium-high levels of resilience are better able to establish close relationships with students, motivate students, and make history learning fun.