PERAN KUALITAS LAYANAN DALAM MENCIPTAKAN KEPUASAN KONSUMEN
(Studi pada BUMDes Jaya Tirta Desa Gedongarum Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro)
ABSTRAK PERAN KUALITAS LAYANAN DALAM MENCIPTAKAN KEPUASAN KONSUMEN
Nama : Hari Sunaryo
NIM : 21080574277
Program Studi : S1 Manajemen
Jurusan : Manajemen
Fakultas : Ekonomika dan Bisnis
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Dosen Pembimbing : Nindria Untarini, S.E., M.Si.
BUMDes merupakan lembaga usaha yang didirikan berdasarkan Peraturan desa (Perdes) dan terkategori sebagai badan hukum (reschtsperson) yang bercirikan antara lain memiliki kekayaan sendiri yang terpisah dari kekayaan badan hukum desa yang membentuknya, dan dikelola sendiri oleh BUMDes bersangkutan. BUMDes Jaya Tirta memiliki unit usaha yang merupakan usaha utama yaitu Lembaga Pengelola Pompanisasi Desa (LPPD) yang merupakan unit usaha yang bergerak dibidang agrobisnis dengan memanfaatkan debit air Bengawan Solo untuk pengairan pertanian warga Desa Gedongarum. Tujuan dari sebuah bisnis yaitu membuat pelangganya merasa puas, karena mempertahankan kepuasan pelanggan merupakan hal yang sangat penting bertujuan untuk menaikan pendapatan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran kualitas layanan dalam menciptakan kepuasan konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Tenik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik natural setting dengan jumlah responden 90. Penyebaran kuesioner dilakukan secara langsung dengan menggunakan skala likert sebagai alat ukur jawaban. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah Path Analisis dengan software AMOS versi 24. 8 Hasil penelitian menunjukkan bahwa crosstabulation pelanggan BUMDes Jaya Tirta Desa Gedongarum Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro dengan persentase jenis kelamin paling tinggi adalah laki-laki sebesar 94,5%, untuk usia 51-60 tahun sebesar 35,5% dan persentase Pendidikan terakhir paling tinggi SD sebesar 86,6%. Variabel kualitas layanan berpengaruh positif pada kepuasan konsumen. Implikasi berdasarkan penelitian ini menunjukkan bahwa BUMDes Jaya Tirta diharapkan terus meningkatkan kualitas layanan baik secara fisik maupun dalam segi pelayanan yang baik serta positif, sehingga dapat memberikan kepuasan konsumen serta menambah konsumen baru selanjutnya.
Kata Kunci: BUMDes, Kualitas Layanan, Kepuasan Konsumen.
Fakultas : Ekonomika dan Bisnis Nama
Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
BUMDes is a business institution established based on village regulations (Perdes) and categorized as a legal entity (reschtsperson) which is characterized by having its own assets separate from the wealth of the village legal entity that forms it, and being managed by the BUMDes concerned. BUMDes Jaya Tirta has a business unit which is the main business, namely the Village Pumping Management Institution (LPPD) which is a business unit engaged in agribusiness by utilizing the Bengawan Solo water debit for agricultural irrigation for the residents of Gedongarum Village. The goal of a business is to make its customers feel satisfied, because maintaining customer satisfaction is very important to increase the company's income. This study aims to determine the role of service quality in creating customer satisfaction. This research is a descriptiveresearch. The sampling technique used was the natural setting technique with 90 respondents. Questionnaires were distributed directly using a Likert scale as a means of measuring answers. The statistical analysis used in this study is Path Analysis with AMOS version 24 software. The results showed that the crosstabulation of BUMDes Jaya Tirta customers, Gedongarum Village, Kanor District, Bojonegoro Regency with the highest percentage of gender was 10 male at 94.5%, for ages 51-60 years at 35.5% and the highest percentage of last education was SD at 86.6%. The service quality variable has a positive effect on customer satisfaction. The implications based on this research show that Jaya Tirta BUMDes are expected to continue to improve service quality both physically and in terms of good and positive service, so as to provide customer satisfaction and add further new customers.
Keywords: BUMDes, Service Quality, Consumer Satisfaction.