PENERAPAN TEKNIK ETSA PADA ALUMINIUM SEBAGAI MEDIA PEMBUATAN KARYA 2 DIMENSI SISWA SMPN 16 SURABAYA
APPLICATION OF ETCCHING TECHNIQUES ON ALUMINUM AS A MEDIA FOR CREATING 2 DIMENSIONAL WORKS FOR STUDENTS OF SMPN 16 SURABAYA
Pembelajaran Seni Budaya di SMPN 16 Surabaya tergolong banyak disenangi oleh siswa baik dari kelas VII sampai dengan siswa kelas IX. Namun, dalam proses dan penerapannya pembelajaran masih monoton dalam pemilihan media dan teknik, seperti media kertas dan kanvas dengan teknik lukis sampai dengan menempel. Oleh sebab itu peneliti memilih teknik etsa pada aluminium sebagai media dalam pembuatan karya 2 dimensi. Peneliti memilih teknik etsa dan media logam aluminium karena untuk melatih keberanian dan keterampilan siswa dalam menciptakan sebuah karya.
Penelitian Penerapan Teknik Etsa Pada Aluminium Sebagai Media Pembuatan Karya 2 Dimensi Siswa Kelas VIII SMPN 16 Surabaya dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses, hasil karya, serta respon siswa dan guru seni budaya terkait penerapan teknik etsa pada aluminium. Tujuan lain juga untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman dalam pembuatan karya kriya logam.
Metode penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data sepeti observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Setelah semua data terkumpul selanjutnya yaitu validitas data dengan metode triangulasi data untuk membandingkan dan menyesuaikan antara hasil observasi, wawancara, dokumentasi dan angket yang diperoleh pada saat di lapangan.
Penerapan teknik etsa pada aluminium sebagai media pembuatan karya seni 2 dimensi ini dilaksanakan di kelas VIII J dengan jumlah 31 siswa. Proses pembelajaran diawali dengan mempersiapkan perangkat dan media pembelajaran. Pembelajaran berlangsung selama 5 pertemuan mulai dari penyampaian materi, menyiapkan desain, mengisolasi kertas bidang logam aluminium, memindahkan desain di atas logam yang sudah diisolasi, mengcutting sesuai desain yang ditentukan, mencelupkan ke dalam cairan kimia HCL, dan terakhir proses finishing. Kegiatan pembuatan karya kriya logam ini dikerjakan secara berkelompok dengan menghasilkan 15 karya siswa dengan kategori sangat baik, baik, dan cukup. Penelitian ini mendapat respon positif dari siswa dan guru seni budaya karena mampu memberikakan pengalaman dan mengasah keberanian serta keterampilan tangan siswa untuk berkarya seni.
Kata Kunci: Teknik Etsa, Aluminium, Media Berkarya
Learning Arts and Culture at SMPN 16 Surabaya is widely enjoyed by students from class VII to class IX. However, in the learning process and application it is still monotonous in the choice of media and techniques, such as paper and canvas media with painting techniques to sticking. Therefore, researchers chose the etching technique on aluminum as a medium for making 2-dimensional works. The researcher chose the etching technique and aluminum metal media because it was to train students courage and skills in creating a work.
The research Application of Etching Techniques on Aluminum as a Media for Making 2-Dimensional Works for Class VIII Students of SMPN 16 Surabaya was carried out with the aim of knowing and describing the process, results of work, as well as the responses of students and arts and culture teachers regarding the application of etching techniques on aluminum. Another aim is to provide knowledge and experience in making metal crafts.
This research method is a descriptive qualitative research method, with data collection techniques such as observation, interviews, documentation and questionnaires. After all the data has been collected, the next step is data validity using the data triangulation method to compare and adjust the results of observations, interviews, documentation and questionnaires obtained in the field.
The application of the etching technique on aluminum as a medium for making 2-dimensional works of art was carried out in class VIII J with a total of 31 students. The learning process begins with preparing learning devices and media. The learning took place over 5 meetings starting from delivering the material, preparing the design, isolating aluminum metal paper, moving the design onto the isolated metal, cutting according to the specified design, dipping it in HCL chemical liquid, and finally the finishing process. This metal craft creation activity was carried out in groups, producing 15 student works in the categories of very good, good and not so good. This research received a positive response from students and arts and culture teachers because it was able to provide experience and hone students' courage and hand skills to create art.
Keywords: Etching Technique, Aluminium, Creative Media