Prahastini, Novita, 2018. Pengaruh Dismenore dan Anxiety terhadapkelincahan d alam Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan pada Siswi saat Menstruasi
dengan Moodstate sebagai Variabel
Intervening . Tesis. Program Studi S2 Pendidikan Olahraga.
Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (1) Prof. H. Dr.
Nurhasan, M.Kes dan (2) Dr. Miftakhul Jannah, M. Si., Psikolog
Kata kunci : mesntruasi, dismenore, anxiety, moodstate, dan agility .
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk (1)
menganalisa pengaruh dismenore pada
saat menstruasi terhadap moodstate
pada saat pelajaran PJOK; (2) menganalisa pengaruh dismenore pada saat menstruasi terhadap kelincahan pada saat
pelajaran PJOK; (3) menganalisa pengaruh anxiety
pada waktu menstruasi terhadap moodstate
dalam pembelajaran PJOK; (4) menganalisa pengaruh anxiety terhadap kelincahan siswi dalam mengikuti pembelajaran
PJOK; (5) menganalisa pengaruh tidak langsung dismenore terhadap kelincahan siswi dalam mengikuti pembelajaran
PJOK melalui moodstate ; (6)
menganalisa pengaruh tidak langsung anxiety
terhadap kelincahan siswi dalam mengikuti pembelajaran PJOK melalui moodstate ; dan (7) menganalisa pengaruh dismenore dan anxiety terhadap kelincahan siswi dalam mengikuti pembelajaran PJOK
melalui moodstate .
Jenis penelitian yang digunakan adalah korelasional . Proses pengambilan data dilakukan dengan angket NRS
untuk mengetahui rasa nyeri (dismenore )
saat menstruasi, anxiety, dan moodstate. Metode tes digunakan untuk
mengukur kelincahan. Tes yang digunakan adalahshuttle run 10 meter. Selanjutnya data hasil penelitian dianalisis
dengan bantuan AMOS dan regresi menggunakan SPSS 21.0 for windows.
Hasil penelitian
menunjukan bahwa (1) tidak ada pengaruh dismenore
pada saat menstruasi terhadap moodstate
pada saat pelajaran PJOK; (2) tidak ada pengaruh dismenore pada waktu menstruasi terhadap kelincahan pada saat
pelajaran PJOK; (3) ada pengaruh anxiety
pada saat menstruasi terhadap moodstate
siswi dalam mengikuti pembelajaran PJOK, dengan besar pengaruhnya adalah 0,602;
(4) ada pengaruh anxiety terhadap
kelincahan siswi dalam mengikuti pembelajaran PJOK, dengan besar pengaruhnya
adalah 0,044; (5) tidak ada pengaruh langsung variabel dismenore terhadap agility dan variabel moodstate gagal menjadi variabel intervening dalam pengaruhnya dismenore terhadap agility; (6) ada
pengaruh anxiety terhadap agility
secara langsung sebesar 6,0%. Akan tetapi, moodstate
gagal menjadi variabel intervening dalam pengaruhnya anxiety terhadap agility; (7) variabel dismenore dan anxiety
bersama-sama secara langsung dapat memengaruhi agility sebesar 6,1%. Akan
tetapi, moodstate gagal menjadi
variabel intervening dalam pengaruhnya dismenore
dan anxiety terhadap agility.
Simpulan: dismenore dan anxiety bersama-sama dapat memengaruhi agility, tetapi moodstate gagal
menjadi variabel intervening antara dismenore
dan anxiety terhadap agility.