Realita dalam pendidikan saat ini, peningkatan kemampuan atau keterampilan matematika siswa jarang dilakukan pada pembelajaran matematika karena kebanyakan guru di sekolah mengajarkan pelajaran matematika secara hafalan dengan menggunakan masalah rutin atau closed problem. Padahal terdapat jenis masalah terbuka yang menciptakan minat dan merangsang aktivitas matematis siswa didalam kelas. Disisi lain, ide – ide dalam matematika seringkali dipresentasikan dalam bentuk simbol visual dan simbol verbal. Salah satu pengklasifikasian gaya kognitif yang berkaitan dengan penerimaan informasi secara visual maupun verbal adalah gaya kognitif visualizer-verbalizer.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kulitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan profil pemecahan masalah matematika open-ended siswa sma berdasarkan gaya kognitif. Subjek penelitian ini terdiri dari 3 siswa SMA kelas XII SMAN 1 Sidoarjo tahun ajaran 2018/2019 ditentukan berdasarkan gaya kognitif visualizer objek, visualizer spasial, dan verbalizer. Instrumen yang digunakan terdiri dari angket gaya kognitif, tes kemampuan matematika, tugas pemecahan masalah, dan pedoman wawancara. Pemberian angket gaya kognitif untuk menentukan dan tes kemampuan matematika untuk menentukan subjek penelitian sedangkan pemberian tugas pemecahan masalah dan wawancara untuk mendeskripsikan pemecahan masalah yang dilakukan oleh siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil pemecahan masalah matematika open-ended siswa SMA berdasarkan gaya kognitif adalah sebagai berikut, (1) siswa dengan gaya kognitif visualizer objek mampu memecahkan masalah sesuai dengan 4 tahapan Polya; (2) siswa dengan gaya kognitif visualizer spasial mampu memecahkan masalah sesuai dengan 4 tahapan Polya; (3) siswa dengan gaya kognitif verbalizer objek mampu memecahkan masalah sesuai dengan 4 tahapan Polya.
Realities in current education, increasing students' mathematical skills or abilities are rarely done in mathematics learning because most teachers in schools teach math lessons memorized by using routine problems or closed problems. Though there are types of open problems that create interest and stimulate students' mathematical activities in the classroom. On the other hand, ideas in mathematics are often presented in the form of visual symbols and verbal symbols. One classification of cognitive styles related to the reception of information visually and verbally is the cognitive style of visualizers.
This research is a descriptive qualitative research with the aim of describing the profile of solving open-ended mathematical problems of high school students based on cognitive style. The subject of this study consisted of 3 high school students of class XII of SMAN 1 Sidoarjo 2018/2019 determined based on cognitive style visualizer object, spatial visualizer, and verbalizer. The instruments used consisted of cognitive style questionnaires, math skills tests, problem solving tasks, and interview guidelines. Giving cognitive style questionnaires to determine and test mathematical abilities to determine research subjects while giving problem solving assignments and interviews to describe problem solving done by students.
The results showed that the profile of solving open-ended mathematical problems of high school students based on cognitive style was as follows, (1) Students with cognitive style visualizer objects were able to solve problems according to the 4 stages of the Polya; (2) Students with a spatial visualizer cognitive style are able to solve problems according to the 4 stages of the Polya; (3) Students with the object verbalizer cognitive style are able to solve problems according to the 4 stages of the Polya.